Breaking News:

Liga Champions

Format Baru Liga Champions Diumumkan, Sistem Liga & Jumlah Klub Berubah Mulai 2024/2025

Merespon European Super League, UEFA setuju perubahan format baru kompetisi sepakbola Liga Champions yang akan mulai diterapkan pada tahun 2024/2024

Instagram @championsleague
Bola yang digunakan saat laga Bayern Munchen vs Paris Saint-Germain di perempat final Liga Champions (UCL) musim 2020/2021. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Setelah munculnya kompetisi tandingan European Super League (Liga Super Eropa), UEFA langsung mengubah format Liga Champions (UCL).

UEFA dilaporkan sudah menyetujui sejumlah perubahan format baru kompetisi sepakbola Liga Champions yang akan mulai diterapkan pada tahun 2024/2025 mendatang.

Diantara poin perubahan itu, jumlah peserta Liga Champions akan ditambah. Mulai tahun 2024/2026 nanti UCL akan diisi 36 klub, dari sebelumnya hanya 32, seperti yang dilansir dari Marca.

Selain itu format kompetisi Liga Champions juga akan diubah menjadi sistem satu liga dari sebelumnya menggunakan sistem pembagian grup.

Baca juga: Hadiah European Super League Lebih dari Dua Kali Liga Champions, JP Morgan Jadi Penyokong

Baca juga: Jadwal Semifinal Liga Champion Siaran Live SCTV, Real Madrid vs Chelsea & PSG vs Man City

Kemudian, jumlah pertandingan akan bertambah dimana satu tim memainkan minimal 10 pertandingan Liga Champions pada fase pertama.

Penambahan jumlah pertandingan ini nampaknya terkait dengan upaya penambahan jumlah pemasukan bagi klub-klub peserta Liga Champions.

Selain itu, ada pula disebutkan penambahan permainan karena ada 100 pertandingan tambahan.

Seperti diketahui, Liga Champions selama ini menggunakan format grup sebelum memperoleh 16 tim terbaik yang akan dipertandingan di fase gugur.

Namun, dengan format baru, Liga Champions akan berganti menjadi sistem satu liga, 36 tim, dan tanpa ada grup.

Sebanyak delapan tim teratas di klasemen liga akan otomatis lolos ke babak 16 besar atau fase gugur pertama.

Halaman
123
Editor: Rahmadhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved