Breaking News:

Berita Balangan

Jaga Kestabilan Harga, Disdag Kalsel Gelar Pasar Murah Ramadhan,Terapkan  Protokol Kesehatan  

Pasar murah di Kabupaten Balangan berlangsung di Desa Telaga Purun, Kecamatan Paringin Selatan, Balangan, Kalsel.

banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Warga Desa Telaga Purun, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan belanja pada lapak pasar murah ramadhan yang dilaksanakan oleh Disdag Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Disdag Kabupaten Balangan, Senin (19/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kabupaten Balangan menjadi tempat pertama pada jajaran kabupaten/kota di Kalsel yang menggelar pasar murah ramadhan tahun 2021.

Gelaran pasar murah tersebut diketahui merupakan program dari Dinas Provinsi Kalsel yang sebelumnya sudah dilaunching di wilayah provinsi.

Pasar murah di Kabupaten Balangan berlangsung di Desa Telaga Purun, Kecamatan Paringin Selatan, Balangan, Kalsel.

Pada pasar tersebut, produk yang dijual melibatkan sejumlah SKPD untuk ketersediaannya, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Pasar Murah Ramadan di Tanahlaut, Warga Bebas Membeli Tanpa Batasan Jumlah Barang

Baca juga: Libatkan Perumda Jaya Persada Tabalong dan Pokdarwis, Pasar Murah Digelar di Bebebrapa Titik 

Baca juga: VIDEO Disperdagin Gelar Pasar Murah di Pelambuan Banjarmasin

Adapun beberapa SKPD yang ikut berpartisipasi, di antaranya Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, serta Bulog. Mereka menyediakan berbagai produk sesuai bidang.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Dina Aulia Mangkusari menerangkan, program pasar murah merupakan agenda tahunan dari Pemprov Kalsel untuk ketersediaan bahan pokok.

Keberadaan pasar murah juga sebagai upaya untuk menjaga kestabilan harga di pasaran. Selain itu untuk menjaga ketersediaan barang.

"Melalui pasar murah ini, pemerintah berupaya untuk memberikan kemudahan dalam menyediakan stok kebutuhan sembako atau pangan pada bulan puasa hingga menjelang Idul Fitri," ucap Dina.

Selain itu, hampir setiap hari-hari besar jelas Dina pasar murah selalu diadakan. Tentunya hal ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sebagaimana programnya yakni pasar murah, Dina menerangkan, harga produk yang dijual pun lebih murah dari pasaran, dalam artian menggunakan harga distributor.

Kegiatan pasar murah Ramadhan yang digelar oleh Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel ini menyasar semua kabupaten/kota di Kalsel.

Ada 13 kabupaten/kota yang dijadwalkan untuk agenda tersebut. Pelaksanaannya pada tiap kabupaten pun berlangsung satu hari.

Baca juga: Jahe dan Amplang Produksi WBP Lapas Perempuan Martapura Laris dan Jadi Favorit Pembeli Pasar Murah

Pelaksanaan pasar murah ramadhan tak lepas dari penerapan protokol kesehatan. Pihak penyelenggara juga menyediakan tempat mencuci tangan serta masker untuk warga yang datang tidak mengenakan masker.

Masyarakat yang belanja di pasar murah juga dianjurkan menjaga jarak dan memperhatikan protokol kesehatan tersebut. Selain itu, pihak penyelenggara juga telah mendapatkan izin dari Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan untuk diadakannya kegiatan tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved