Breaking News:

Kapal Selam Mini BBPT

BPPT Rilis Kapal Selama Mini, Panjang 32 Meter dan Dilengkapi Torpedo

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merilis video desain kapal selam mini berukuran 32 meter melalui akun Instagram @bppt_ri

instagram
Desain Kapal Selam Mini 32 M buatan BPPT 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lama tak terdengar memproduksi karya dengan teknologi terbaru yang lumayan besar, baru-baru ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merilis video desain kapal selam mini.

Dalam video tersebut disebutkan kapal selam karya anal bangsa ini berukuran 32 meter .

Perancangan kapal selam mini ini dilakukan sejak 2017 hingga 2019 di BPPT.

Membuat sebuah karya cukup menakjubkan ini, BPPT memanfaatkan sumber daya manusia dan fasilitas pengujian, serta bekerja sama dengan industri pertahanan dalam negeri.

Baca juga: Viral di TikTok Indonesia akan Diserbu Warga Negara Lain, Jadi Tempat Aman Serangan Asteroid

Baca juga: Viral Ustadz di Malaysia Dikecam, Senyum Foto Bersama 2 Selebgram Seksi

Seperti apa rancangan atau desain dari kapal selam tersebut? Simak selengkapnya.

Spesifikasi Kapal selam berjenis diesel elektrik ini dirancang untuk beroperasi hingga kedalaman 150 meter, kedalaman pengujian 170 meter, dan kedalaman runtuh 320 meter.

Selain itu, kapal selam mini buatan BPPT mampu melaju dengan kecepatan maksimal 15 knot. Kapal ini juga mampu beroperasi dengan kecepatan senyap 4 knot, kecepatan snorkling 7 knot, dan kecepatan dinas 7 knot.

Sementara radius operasionalnya mencapai 4.000 mil laut. Untuk mendukung misi operasionalnya, kapal selam tersebut dapat dipersenjatai dengan 2 heavy weight torpedo. Kapal ini juga dapat diisi 11-12 orang dan bertahan 2-3 hari di dalam air.

Dipersenjatai torpedo Dengan panjang keseluruhan mencapai 32 meter, kapal selam ini memiliki dua lambung bertekanan 3,5 meter dan terbuat dari single hull baja HY-80.

Baca juga: Roti Bentuk Kecoak Raksasa Viral di Media Sosial, Pemesan Ternyata Seniman Nyentrik Natasha Tontey

Kapal selam ini terdiri dari empat ruangan. Pertama, ruang senjata yang mempu memuat 2 unit peluncur torpedo. Kedua, ruang akomodasi.

Ketiga, ruang kendali berisi radar, kemudi, dan komunikasi. Keempat, ruang mesin yang terdiri dari mesin diesel, generator, dan pompa.

Sebagai alutsista, rancangan kapal selam ini juga mempertimbangkan aspek redundansi sistem agar tetap handal saat menjalankan misi yang diemban.

Oleh karenanya, diperlukan tahapan sasaran antara untuk mengurangi tugas berat pada proses awal perancangan, termasuk mitigasi risiko dan mengatasinya pada pembangunan kapal selam diatas kelas midget ini.

Nantinya, kapal selam ini juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan berbagai riset bawah laut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul mengintip-kapal-selam-mini-bersenjata-torpedo-rancangan-bppt

Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved