Breaking News:

Ramadhan 1442 H

Memasuki 10 Hari Kedua Ramadhan 1442 H, Ini Amalan Dianjurkan Setiap Hari

Tidak terasa 10 hari pertama bulan Ramadhan 1442 H sudah hampir terlewati. Memasuki 10 hari kedua ada amalan dianjurkan dibaca umat muslim.

Foto Humas Tanahbumbu untuk Banjarmasinpost.co.id
Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Zairullah Azhar ketika memberikan sambutan di Masjid Al Muttaqin pada acara berbuka puasa, Rabu (14/4/2021 ). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tidak terasa 10 hari pertama bulan Ramadhan 1442 H sudah hampir terlewati.

Memasuki 10 hari kedua ada amalan yang dianjurkan dibaca umat muslim di Ramadhan 2021.

Hari Jumat (23/4/2021)  memasuki hari ke-11 Ramadhan 1442 H.  Ini merupakan hari-hari dimana fase transisi semangat, yaitu antara menurunnya semangat karena euforia Ramadhan di 10 hari pertama sudah usai serta sedikit timbulnya euforia menjelang Lebaran.

Dikutip dari Sriwijaya Post, di 10 hari kedua bulan puasa Ramadhan ini merupakan hari-hari yang sulit dimana pada saat-saat seperti ini masjid dan musala mulai kehilangan sebagian besar jemaahnya.

Baca juga: Bentar Lagi Masuk Waktu Shalat Zuhur Ramadhan 1442 H, Begini Niat dan Cara Melaksanakan

Baca juga: Sebelum Sahur Ramadhan 1442 H, Usahakan Shalat Tahajud dan Begini Cara Melaksanakan

Para jemaah sudah mulai memenuhi pasar-pasar atau mal-mal untuk mempersiapkan keperluan 1 Syawal.

Inilah fenomena yang sudah menjadi kebiasaan di Indonesia saat bulan puasa Ramadhan.

Padahal, kalau kita lihat keberkahan atau pahala yang dijanjikan oleh Allah bagi yang bisa melalui 10 hari pertama bulan Ramadhan, dilanjutkan 10 hari kedua, pahalanya atau keutamaannya adalah dibukanya pintu pengampunan Allah seluas-luasnya.

Wali Kota, HM Aditya Mufti Ariffin SH MH, dan Ketua DPRD, Fadliansyah, saat menunggu buka puasa bersama di acara peringatan hari jadi ke-22 Banjarbaru, Selasa (20/4/2021).
Wali Kota, HM Aditya Mufti Ariffin SH MH, dan Ketua DPRD, Fadliansyah, saat menunggu buka puasa bersama di acara peringatan hari jadi ke-22 Banjarbaru, Selasa (20/4/2021). (HUMPRO SETDAKO BANJARBARU)

Ini didasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya seperti ini: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah rahmah, pertengahannya maghfirah dan akhirnya itqum minan nar.”

Nah, masih sesuai hadis tersebut, di fase kedua ini keutamaan bulan puasa Ramadhan adalah maghfiroh yang kata dasarnya dari kata bahasa arab ghofaro yang berarti ampunan atau pengampunan.

Bagi siapapun yang bisa melewati bulan puasa Ramadhan ini hingga fase kedua, insyaallah bisa mendapatkan ampunan yang tidak akan diperoleh di bulan-bulan yang lain.

Halaman
12
Penulis: Danti Ayu Sekarini
Editor: M.Risman Noor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved