Breaking News:

Berita Banjarmasin

YN’S Lanjutkan Perjuangan Haji Leman Bidang Sosial Dan Keagamaan

Puasa Ramadhan menurut Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menerangkan bahwa ada tiga tingkatan dalam berpuasa.

banjarmasin post.co.id/salmah saurin
Pengajian tadarus Qur'an oleh Majmussholihin dalam program Ramadhan bersama YN'S 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN- Puasa Ramadhan menurut Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menerangkan bahwa ada tiga tingkatan dalam berpuasa.

Hal di atas disampaikan Guru H Mahfudz saat tausiyah pada acara Ramadhan bersama YN'S Center, Kamis (22/4/2021) di Gedung YN'S Center, Jl Perdagangan Komplek HKSN, Banjarmasin,

"Pertama, shaumul umum, puasa di level ini sebatas menahan haus dan lapar serta hal-hal lain yang membatalkan puasa secara syariat," jelasnya.

Kedua, shaumul khusus, berpuasa untuk menahan pendengaran, penglihatan, lisan, tangan, kaki dan segala anggota badannya dari perbuatan dosa dan maksiat. Mulutnya menahan diri dari menggunjing, bergosip, apalagi memfitnah.

Baca juga: H Yuni: Semoga Ramadhan Bersama YNS Center Dapat Bermanfaat dan Semakin Menggelorakam Syiar Islam

Baca juga: Santri Tahfiz Doakan YNS Dalam Program Berkah Ramadhan di Banjarmasin

Baca juga: Tamara Bleszynski Pamer Foto Kala Model Sampul Majalah, Bahas Soal Alis Naik dan Bibir Tebal

Baca juga: Tamara Bleszynski Mendadak Tampil, Unggahan Foto Lawas Jadi Sorotan

Ketiga, shaumul khususil khusus. Tidak saja menahan diri dari maksiat, tapi juga menahan hatinya dari keraguan akan hal-hal keakhiratan. Menahan pikirannya dari masalah duniawiyah, serta menjaga diri dari berpikir kepada selain Allah.

Guru H Mahfudz adalah pimpinan Pengajian Majmussholihin, Jl Keramat, Sungai Bilu, Banjarmasin Timur yang anggota pengajiannya juga diundang bertadarus.

Usai khatam Qur'an dilanjutkan pembacaan tahlil dan haul untuk almarhum H Sulaiman HB, Pendiri Hasnur Group yang juga orangtua Yuni Abdi Sulaiman, Ketua YN'S Center.

"Tahun ini haul ke-6. Abah meninggal 10 April atau 27 Sya'ban. Sebagai anak beliau, kami bersyukur punya orangtua yang mendidik kami dari masa kecil hingga dewasa dengan didikan keimanan. Walaupun saya sekolah di pulau Jawa, tetapi tiap hari Abah selalu menghubungi untuk mengingatkan sholat terutama Magrib dan Subuh," ujar Yuni.

Yuni sempat bingung kenapa Abah selalu mengingatkan sholat, setelah dewasa baru menyadari bahwa pentingnya keimanan itu dalam menjalani kehidupan.

"Abah juga tidak menekan kami. Bahkan menyuruh kami untuk bergaul, asal yang positif dan selalu ingat sholat," jelasnya.

Anak-anak sangat kagum dengan jiwa sosial dan kegiatan keagamaan ayahnya. Makanya mereka menauladani dan melanjutkan perjuangan beliau.

"Saya bersyukur telah dianugerahkan Allah orangtua yang luar biasa dan pemimpin yang luar biasa, beliau tidak hanya menjanjikan tetapi membuktikan," tandas Yuni.

Sementara itu acara Ramadhan bersama YN'S Center kembali berlanjut pada Jumat (23/4/2021) dini hari menjelang Subuh yaitu sahur bersama warga di Jl Kuripan, Gg 13 Rt6, Banjarmasin Timur. (banjarmasin post.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved