Breaking News:

Berita Banjarbaru

PPDB SMP Banjarbaru 2021, Kuota Sekolah Favorit Dikurangi Jadi 9 Rombel

Peraturan pelaksanaan PPDB SMP di Kota Banjarbaru tidak berbeda dengan tahun lalu. Namun, jumlah kuota sekolah pavorit dikurangi

HO/Humas SMPN 1 Banjarbaru
Ilustrasi-Para siswa saat melakukan aksi bersih bersih di lingkungan SMPN 1 Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dinas pendidikan (Disdik) kota Banjarbaru sudah menentukan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2021/2022 pada 24-28 Mei 2021 nanti.

PPDB SMP ini masih mengacu pada Permendikbud 1 tahun 2021 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMA dan SMK  dilaksanakan melalui empat jalur prestasi. 

Mulai dari jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dan juga jalur prestasi.

Kepala Disdik Banjarbaru Muhammad Aswan mengatakan untuk ketentuannya sama saja seperti tahun sebelumnya dimana jalur zonasi minimal 50 persen,  Jalur afirmasi minimal 15 persen, Jalur perpindahan tugas orang tua atau wali maksimal 5 persen dan sisa kuota dialihkan ke jalur prestasi.

Baca juga: Aturan dan Mekanisme Belum Ada, SMPN di Banjarmasin Belum Laksanakan PPDB Online

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, SMPN 3 Marabahan Batola Mulai Buka PPDB

Baca juga: Laksanakan PPDB Online, SMA Islam Sabilal Muhtadin Tes Mengaji Calon Siswa Baru

Namun ada sedikit perbedaan pada posisi dimana siswa yang tidak mampu tahun lalu masuk jalur zonasi namun sekarang masuknya di jalur afirmasi.

Jalur afirmasi pada PPDB SMP ditujukan untuk calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu atau penyandang disabilitas. 

Peserta didik yang melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan.

Selain itu tambah Aswan pada PPDB tajun ini pihaknya juga akan menekankan pada sekolah sekolah favorit akan dikurangi koutanya.

"Artinya rombel (rombongan belajarnya) akan dikurangi. Tujuannya agar ada kesempatan sekolah sekolah lain dan tidak banyak menumpuk di sekolah favorit," kata Aswan didampingi Kabid Pembinaan SMP Disdik Banjarbaru Alamsyah.

Alamsyah menambahkan seperti SMPN 1 tahun ini yang lulus 10 rombel tapi untuk pemerataan kuota PPDB nya dikurangi 1 jadi hanya 9 rombel.

Halaman
12
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved