Breaking News:

Berita Banjarmasin

Cegah Penularan Covid-19 saat Idulfitri, Kunjungan Bagi Napi di Kalsel Difasilitasi Video Call 

Mencegah Penularan Covid-19 saat Idulfitri 1442 H, Kunjungan Bagi Napi di Kalsel Difasilitasi Video Call

Instagram lpbanjarmasin
Aktivitas warga binaan Lapas Kelas IIA Banjarmasin melaksanakan Pembinaan Kepribadian shalat Isya dan tarawih berjamaah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Momen kebersamaan dan silaturahmi bersama keluarga dan kerabat yang biasanya mewarnai momen Idul Fitri tak bisa dirasakan sama di masa pandemi Covid-19. 

Begitu pula di momen Idul Fitri 1442 Hijriah yang diperhitungkan bertepatan dengan Hari Kamis (13/5/2021), dimana pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman. 

Pembatasan aktivitas tatap muka secara langsung juga diberlakukan bagi kunjungan terhadap para narapidana di lembaga pemasyarakatan (Lapas) maupun di rumah tahanan (Rutan) yang ada di Kalsel.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sri Yuwono mengatakan, kunjungan secara tatap muka langsung belum diperbolehkan di momen Idul Fitri 1442 Hijriah ini.

Baca juga: Sebanyak 981 Napi Lapas Banjarbaru Diusulkan Dapat Remisi, Napi Korupsi Tidak Masuk

Baca juga: Sebanyak 4.842 Napi di Kalsel Diusulkan Dapat Remisi Khusus Idul Fitri 2021

Pasalnya kata dia, kebijakan untuk membatasi aktivitas kunjungan tatap muka secara langsung terkait upaya pencegahan transmisi Covid-19 masih diberlakukan.

"Belum bisa (tatap muka), hanya dengan video call yang sudah disiapkan oleh Lapas," kata Sri Yuwono dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Selasa (11/5/2021).

Kebijakan untuk memfasilitasi kunjungan melalui medium daring video call tersebut bukan merupakan hal baru, melainkan sudah diterapkan sejak pandemi Covid-19 turut melanda Kalsel di Tahun 2020 lalu. 

Dijelaskan Kadivpas, jumlah narapidana dan tahanan yang ada di Kalsel sebanyak 9.670 orang. 

Baca juga: 12 Napi Lapas Banjarbaru Dapat Asimilasi karena Memenuhi Syarat-syarat ini

Lebih spesifik yaitu 8.385 orang narapidana dan 1.285 orang tahanan hingga Senin (10/5/2021).

Namun jumlah narapidana tersebut akan berkurang mengingat ada 14 narapidana yang diusulkan mendapatkan Remisi Khusus (RK) II yang artinya akan langsung bebas di hari Idul Fitri 1442 Hijriah. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved