Breaking News:

Berita Banjarbaru

Sebanyak 981 Napi Lapas Banjarbaru Diusulkan Dapat Remisi, Napi Korupsi Tidak Masuk

Di Lapas Banjarbaru, napi kasus kriminal 502 orang dan napi narkotika 479 orang akan dapat remisi di Hari Lebaran. Napi koruptor tidak ada yang dapat.

BANJARMASINPOST.co.id/aprianto
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjarbaru di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mengusulkan remisi  981 narapidana ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Namun dari 1.791 penghuni lapas di Kota Banjarbaru tersebut, tidak satu pun warga binaan permasyarakatan (WBP) korupsi yang diusulkan dapat remisi hari raya Idulfitri 1442 H.

Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang, melalui Kasi Binadik, Septyawan Kuspriyo, mengatakan , usulan yang diajukan untuk WBP pidana umum dan pidana khusus.

"Untuk pidana umum atau kasus kriminal ada 502, sedangkan pidana khusus seperti narkotika ada 479. Untuk korupsi tidak ada," kata Septya Senin (10/5/2021) malam.

Baca juga: BREAKING NEWS : Longsor Tambang Batu Gunung di HSS Kalsel, Satu Tewas, Tiga Masih Tertimbun

Baca juga: VIDEO Penjabat Gubernur Kalsel Coba Pijat Shiatsu di Panti Fajar Harapan Martapura

Para napi yang diusulkan mendapat remisi adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan yang berlaku. 

Mereka selanjutnya akan diusulkan dan diajukan ke Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Menurut dia, usulan remisi para napi itu bervariasi. Dari 15 hari, satu bulan, dua bulan, dan lainnya, menyesuaikan masa tahanan yang telah mereka jalani.

Sejauh ini, pihaknya masih menantikan surat keputusan (SK) Kemenkumham untuk diteruskan kepada napi yang berhak mendapat remisi. 

Baca juga: Ditutup 6 Hari, Q Mall Banjarbaru Ngadu ke YLKI Kalsel, Rugi Rp 1 Miliar Perhari

Baca juga: Hidup Sebatang Kara, PNS Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru Ditemukan Tewas

Septya memprediksi sebelum Lebaran, SK Kemenkumham itu sudah turun. “Satu dua hari sebelum Lebaran nanti kami kabarkan lagi,” pungkasnya.

(Banjarmasin post.co.id/Khairil Rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved