Breaking News:

Berita HST

PPDB di SDN 3 Haruyan Dayak HST Hanya 3 Pendaftar, Ini Kata Kepala Sekolah

PPDB di tingkat di jenjang SD yang dilaksanakan 8 Maret sampai 6 April 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diperpanjang

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Kepsek SDN 3 Haruyan Dayak untuk BPOst
Kondisi SDN 3 Haruyan Dayak, di Desa Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah, setelah diterjang banjir bandang Januari 2021 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tingkat di jenjang SD yang dilaksanakan 8 Maret sampai 6 April 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diperpanjang.

Masalahnya, pendaftarnya sangat minim, khususnya di daerah terpencil. Seperti di SDN 3 Haruyan Dayak, Kecamatan Hantakan, sampai Jumat (28/5/2021) pendaftarnya baru tiga orang.

Pihak sekolah kesulitan menginformasikan kepada para orangtua, karena jarak sekolah dengan anak-desa lainnya cukup jauh.

Kondisi tersebut ditambah tak tersedianya jaringan seluler serta hancurnya bangunan sekolah mereka pasca diterjang banjir bandang Januari 2021 yang lalu.

Baca juga: Jadwal PPDB di HST Fleksibel, Disdik Akui Belajar Daring Kurangi Minat Melanjutkan Sekolah

Baca juga: PPDB SDN dan SMPN di HSU, Jalur Perpindahan Orangtua Dijatah 5 Persen

Selama ini, sekolah daring pun tak memungkinkan dilakukan, dan pihak sekolah menyelenggarakan luring.

“Belajarnya sistem penugasan.Kendalanya, saat musim hujan, anak-anak sulit mencapai sekolah karena kondisi medan jalannya yang becek,”kata Kepsek SDN 3 Haruyan Dayak, Suriansyah kepada banjarmasinpost.co.id.

Dijelaskan, anak-anak yang bersekolah di SDN 3 Haruyan Dayak, selain dari desa induk tersebut, juga berasal dari Balai Aruhuyan, Tamburasak dan Macatur yang berada di atas (pegunungan Meratus) Kecamatan Hantakan.   

Pihaknya, masih membuka pendaftaran dan berharap para oragtua mendaftarkan anaknya, sebelum tahun ajaran baru, yaitu 12 JUli 2021 mendatang.

“Jadi masih ada waktu, dan kami berupaya menyosialisasikan kepada para orang tua. Besok kami melakukan rapat sekalian pemberian vaksin,”kata Suriansyah.

Dijelaskan,  saat ini total jumlah siswa di SDN 3 Haruyan Dayak ada 70 orang dengan jumlah siswa kelas VI 9 orang.

Meski ada enam kelas, jumlah ruang kelas tersedia hanya lima ruangan. Karena itu satu kelas terpaksa belaja di ruang perpustakaan.

Menurut Suriansyah, pada 2018 sekolah yang dipimpinnya itu merupakan sekolah filial. Namun, atas usul masyarakat yang tinggal di lingkungan balai-balai adat di atas gunung, pemerintah pusat membangunkan sekolah baru,yaitu SDN 4 Haruyan Dayak.

Letaknya di Balai KUmuh, yang berbatasan dengan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Baca juga: PPDB 2021, SMPN 8 Banjarbaru Batasi Hanya 10 Siswa Per Ruangan

“Sejak saat itu siswa di sekolah kami jumlanya berkurang. DItambah lagi etahun lebih pandemic covid 19 yang membuat mereka tak bisa belajar tatap muka. Kondisi ini bisa menurunkan semangat bersekolah anak-anak juga,”katanya.

Untuk jumlah guru sendiri ada 10 orang plus dua orang tata usaha. Sampai saat ini, kondisi sekolah yang hancur belum dibangun, dan infrmasi yang diperoleh kata SUriansyah baru dibangun lagi 2022 mendatang. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved