Breaking News:

Berita Banjarmasin

Badan dan Pengawas Adhoc Jalani Rapid Test Antigen Jelang PSU Pilgub Kalsel 2020

Ribuan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Banjarmasin Selatan mulai menjalani rapid test antigen

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Suasana rapidtest antigen yang diikuti oleh badan adhoc dan juga pengawas adhoc jelang PSU Pilgub Kalsel 2020, Selasa (1/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ribuan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kecamatan Banjarmasin Selatan mulai menjalani rapid test antigen, Selasa (1/6/2021).

Rapid test antigen yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan ini sendiri digelar selama dua hari yakni hingga besok Rabu (2/6/2021).

Dan pelaksanaan rapid test antigen ini, tidak lain sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020 pada 9 Juni 2021.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, hari pertama pelaksanaan rapid test antigen ini terbilang sangatlah membludak. 

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel, Besok PTPS se Kecamatan Banjarmasin Selatan Jalani Swab Antigen

Baca juga: 10 Hari Jelang PSU Pilgub Kalsel, Polda Kalsel Tingkatkan Intensitas Patroli Kamtibmas

Anggota KPPS yang menjalani rapid test antigen ini sendiri mencapai 2.107 orang.

Selain KPPS, badan adhoc lainnya di bawah KPU yang juga menjalani rapid test antigen di antaranya adalah petugas keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 602 orang.

Kemudian, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak lima orang dan juga Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 36 orang.

"Ya, hari ini kita mulai melakukan pemeriksaan rapid test antigen untuk badan adhoc yang bertugas di TPS, terkait dengan pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 nanti," ujar Sekretaris KPU Banjarmasin, Husni Thamrin.

Disinggung apabila ada yang hasil rapid test antigennya positif, Husni Thamrin pun menerangkan segera diminta melakukan isolasi mandiri.

"Kalau hasilnya ada yang positif, akan diminta istirahat terlebih dahulu," jelasnya.

Tidak hanya badan adhoc di bawah KPU saja yang menjalani rapid test antigen ini, pasalnya pengawas adhoc di bawah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel juga mengikutinya.

Adapun pengawas adhoc yang mengikuti rapid test antigen ini, mulai dari panitia pengawas kecamatan (panwascam), pengawas kelurahan hingga pengawas TPS dengan jumlah sekitar 333 orang.

Baca juga: Jelang PSU Pilgub Kalsel di Banjarmasin, Personil Polisi Mulai Disiapkan

Komisioner Bawaslu Kalsel, Munawar Khalil berharap hasil rapid test antigen untuk pengawas adhoc ini baik-baik saja.

"Semoga semuanya sehat dan kemudian bisa menjalankan tugasnya pada PSU Pilgub Kalsel 2020," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved