Breaking News:

Berita Banjarbaru

PLN Kalselteng Dukung Program Vaksinasi Sampai Pelosok Daerah

GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy melihat dari dekat penyediaan listrik untuk mendukung vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Danau Rawah Kabupaten Kapuas

Editor: Alpri Widianjono
PT PLN (PERSERO) UIW KSKT
General Manager PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, saat berkunjung ke Puskesmas Danau Rawah di Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (3/6/2021) malam. Hal ini untuk pemberian dukungan dari PLN dalam program vaksinasi di daerah setempat. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah semakin gencar melakukan vaksinasi untuk semakin menekan angka penularan Covid-19 di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dalam pelaksanaannya, tidak jarang ditemui kendala sehingga menghambat pelaksanaan vaksinasi, salah satunya adalah keterbatasan pasokan daya listrik untuk daerah pelosok atau terisolasi.

Hal ini yang sempat dirasakan Plt Kepala Puskesmas Danau Rawah, dr Benekditus Bayu Anggoro Putro, dalam melakukan vaksinasi di Puskesmas Danau Rawah, Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Namun keterbatasan tersebut tak menghalangi Bayu untuk tetap mengabdi dan melakukan vaksinasi di puskesmas yang ia pimpin.

Diketahui, Desa Bukit Batu berjarak ±90 km dari jalan poros Palangka Raya-Buntok. Dalam menghadirkan listrik ke lokasi, PLN dihadapkan dengan keterbatasan infrastruktur dan sulitnya medan akses jalur darat yang terisolasi.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, foto bersama saat berkunjung ke Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (3/6/2021) malam.
General Manager PLN UIW Kalselteng, Tonny Bellamy, foto bersama saat berkunjung ke Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (3/6/2021) malam. (PT PLN (PERSERO) UIW KSKT)

Guna mengatasi permasalahan tersebut, PT PLN (Perseo) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) hadir untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19.

Dalam kunjungannya, Kamis (3/6/2021) malam, ke Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy beserta jajaran manajemen yang turut hadir, dalam hal ini menegaskan akan memberikan dukungan penuh baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Jangka pendeknya, PLN akan memberikan dukungan yaitu berupa bantuan penyediaan genset dan petugas dari ULD Timpah yang merupakan unit terdekat untuk mengawal pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Danau Rawah di Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas.

Jangka panjangnya, PLN akan mengupayakan penyambungan segera jaringan listrik di Desa Bukit Batu Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas

"Untuk mendukung suksesnya program pemerintah seperti vaksinasi sekarang ini, kami dari PLN akan siap berupaya untuk memberikan yang terbaik agar setiap prosesnya dapat berjalan dengan lancar," tutur Tonny. 
Kunjungan tersebut disambut dengan hangat Plt Kepala Puskesmas Danau Rawah, dr Benekditus Bayu Anggoro Putro.

Bayu menyampaikan apresiasi terhadap PLN atas kesiapsiagaan untuk mendukung kesuksesan program dari pemerintah.

"Kami berterima kasih kepada PLN, karena telah mendukung program vaksinasi di desa kami sehingga, proses vaksinasi dapat berjalan," ucap Bayu. 

Dia menambahkan, untuk mempertahankan kualitas, vaksin perlu disimpan di tempat yang sangat dingin bersuhu 2 derajat celcius sampai 8 derajat celcius seperti kulkas khusus untuk penyimpanannya, sehingga dukungan listrik sangat vital untuk memastikan vaksin tersbut tetap aman diberikan. 

Diharapkan, dengan semakin banyaknya masyarakat yang sudah menerima vaksin, akan memutus rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Kalimantan Tengah. (AOL/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved