Breaking News:

Berita Tanahlaut

VIDEO Danrem dan Bupati Tala Jelajahi Jalan Tembus Tala-Banjar

TMMD) ke-111 Kodim 1009/Pelaihari resmi dibuka oleh Bupati Tanah Laut (Tala)HM Sukamta

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1009/Pelaihari resmi dibuka oleh Bupati Tanah Laut (Tala) Drs HM Sukamta MAP, Selasa (`5/6/2021) bertempat di Balairung Tuntung Pandang di kawasan Jalan Pancasila, Pelaihari.

Hadir pada kegiatan itu Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut Herbiantoko, Dandim 1009/ Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo SH MA, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi SIK SH.

Lalu, Sekda Tala Drs H Dahnial Kifli MAP, Kajari Ramadani SH MH, Kakemenag HM Rusdi Hilmi, Ketua Pengadilan Negeri Iriaty Khairul Ummah SH, Kepala Pengadilan Agama Drs H Rakhmat Hidayat HS SH MH, serta tamu undangan lainnya.

TMMD ke-111 Kodim 1009/Pelaihari berlangsung selama satu bulan sejak 15 Juni 2021 hingga 14 Juli 2021. Program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral di pusat maupun di daerah.

Selain itu juga wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat sehingga terbina kemanunggalan dengan rakyat secara berkesinambungan. Selanjutnya, diharapkan membaiknya kesejahteraan masyarakat dari waktu ke waktu.

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan dirinya mewakili segenap masyarakat Tala mendukung penuh pelaksanaan kegiatan TMMD ke-111. Kegiatan itu sangat berdampak positif terhadap pembangunan di daerahnya dan akan menunjang sektor lainnya. 

Sukamta mengatakan manfaat TMMD  dari segi kesejahteraan masyarakat yakni untuk meningkatkan mobilitas dan sarana transportasi. Meningkatkan kualitas perekonomian, melancarkan proses birokrasi dan pelayanan masyarakat yang dilaksanakan oleh unsur pemerintahan.

"Serta memudahkan akses masyarakat pada fasilitas pendidikan, kesehatan dan lainnya," tegas Bupati.

Pada aspek ketahanan negara, sebutnya, kegiatan tersebut  mampu memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Juga untuk membantu percepatan pembangunan serta meningkatkan kondisi ketahanan rakyat yang tangguh.

"Tentunya, kegiatan TMMD merupakan wujud nyata sinergitas antara Kodim 1009/Plh dengan pemerintah daerah," pungkas Sukamta.

Kegiatan utama TMMD ke-111 Kodim 1009/Pelaihari yakni pembukaan jalan tembus Tala-Banjar sepanjang 7,2 kilometer di wilayah Dusun Riam Pinang, Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin.

Selain itu cukup banyak kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan. Di antaranya, sunatan massal, pengobatan massal, pelayanan akseptor KB, bedah rumah, renovasi rumah ibadah (langgar dan masjid) hingga kegiatan edukasi dan literasi. 

Bupati Tala bersama Danrem dan rombongan pun melihat dari dekat pelaksanaan kegiatan bhakti sosial bertempat di SDN 2 Tanjung dan di beberapa tempat lainnya. Kemudian bersama-sama menaiki sepeda motor trail menjelajahi jalan tembus Tala Banjar.

Tak mudah menjelajahi jalan tanah tersebut karena kondisinya sangaybecek, licin, dan lengket. Selain itu juga mesti melintasi tiga aliran sungai yang melintangi badan jalan itu. (AOL)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved