Breaking News:

BTalk

BTalk, Bincang tentang Buku Sihir Gawai Gawai Karya Rektor UIN Antasari Mujiburrahman

BTalk, Buku Sihir Gawai merupakan kumpulan tulisan Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof DR H Mujiburrahman MA di Kolom Jendela BPost tayang tiap Senin

Penulis: Syaiful Anwar | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Bincang tentang Buku Sihir Gawai yang merupakan kumpulan tulisan Prof Dr H Mujiburrahman MA, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, dalam program BTalk dipandu jurnalis Banjarmasin Post, M Royan Naimi, Sabtu (10/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tema yang dibahas acara BTalk Banjarmasin Post agak berbeda dibanding sebelumnya.

Kali ini mengupas Buku Sihir Gawai yang merupakan kumpulan tulisan di Kolom jendela di Banjarmasin Post yang terbit dan tayang setiap Senin yang ditulis Prof DR H Mujiburrahman MA, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Menurut Mujib dalam bincang-bincang santai yang dipandu jurnalis Banjarmasin Post, M Royan Naimi, mengambil tema sihir gawai ada dua sisi. Pertama-pertama dari pokok judul Itu menujukkan era masyarakat betul-betul terikat dengan gawai, sehingga dalam tulisannya mengatakan gawai itu seperti berhala. 

"Padahal, berhala itu diciptakan manusia, tapi manusia tunduk padanya," ujarnya, Sabtu (10/7/2021).

Ditambahkan Mujib, di buku itu ada anak judul yang sangat penting dan merangkul semua tulisan dibuku ini yakni renungan filosofi sufitis era digital.

Baca juga: Covid-19 di Banjarmasin Meningkat, Tabung Oksigen Ukuran 1 Kubik dan Regulator Langka

Baca juga: Tentukan Awal Dzulhijjah dan Idul Adha 1442 H, Kanwil Kemenag Kalsel Gelar Rukyatul Hillal

"Saya berpikir, akibat sihir dawai ini, orang jadi berpikir instan, berpikir dangkal, terpapar hoaks atau berita-berita palsu," ulasnya.

Jadi, kata Mujib, orang-orang harus diberi kesempatan pencerahan yang mendalam dan suatu suatu pemikiran yang menyentuh hati sufi. Selain itu, dibuku itu juga berisi tulisan yang aktual dan ferenial. 

Tulisan-tulisan aktual dan hangat yang terjadi di masyarakat, diangkatnya, yaitu peristiwa alam, sosial, politik dan kebudayaan di sekitar.

"Misalnya judul tulisan Rumus Panjang Umur, saya menulis mengutip perbincangan dengan orangtua saat sarapan pagi," ungkapnya 

Kemudian, tulisannya juga berkaitan dengan ferenial, yaitu yang selalu ada di kehidupan manusia. Misalnya tentang nilai-nilai kemanusia, tujuan hidup, hakikat hidup bahagia dan lain-lain.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, mengupas karya tulisnya di BTalk, Banjarmasin Post, Sabtu (10/7/2021).
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, mengupas karya tulisnya di BTalk, Banjarmasin Post, Sabtu (10/7/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO)

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved