Berita Banjarmasin

Jadi HeadWay Tes di Kalsel Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Buka Kemitraan

Pusat Pengembangan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin buka kerja sama untuk peningkatan kemampuan berbahasa asing.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN
Kegiatan di Pusat Pengembangan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pusat Pengembangan dan Pelayanan Bahasa (P3B) Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin menyelenggarakan HeadWay Test sebagai Test of English Proficiency (TEP).

Dikatakan Kepala UPT Pengembangan dan Pelayanan Bahasa UM Banjarmasin, Tenny Murtiningsih, Senin (12/7/2021),  HeadWay Test merupakan rangkaian prosedur tes yang terus dikembangkan sebagai alternatif utama layanan penunjang pendidikan.

Unsur-unsur yang dilibatkan dalam penyusunan HeadWay Test meliputi para professional dari kalangan akademisi, praktisi dan manajemen industri. 

HeadWay Test menerapkan sistem tes dan sertifikasi berbasis komputer baik online maupun offline (CBT dan IBT).

Pada Headway Test Record, selain tercantum HeadWay Srore Test, juga tercantum TOEFL dan TOEIC Exam Comparative Score.

Baca juga: PJ Gubernur Kalsel Minta PTM Terbatas di Banjarmasin Dievaluasi Lagi

Baca juga: Apel Gabungan Forkopimda Kota Banjarmasin, Antisipasi Kontigensi Gelombang Kedua Covid 19

Selain dari pada itu, HeadWay Test Record juga menerapkan dual Certification yaitu para peserta tes akan dapat mengetahui hasil dari tesnya langsung sesaat setelah peserta tersebut submit jawabannya.

Kemudian, menerima pula hard copy dari HeadWay Test Record yang berbarcode dan berhologram. 

Sehingga, HeadWay Test adalah merupakan satu referensi yang dapat dipercaya. Adapun layanan HeadWay Test meliputi Test of English Proficiency (TEP) dan Junior English Test (JET) dan juga Test of Pupil Aptitude (TPA).

Sebagai HeadWay Testing Center Regional Kalimantan Selatan, UPT P3B UM Banjarmasin membuka kemitraan bagi sekolah, perguruan tinggi dan juga kalangan industri.

Tentunya, untuk untuk mengetahui tingkat kelancaran berbahasa Inggris dari peserta didik. "Permohonan kemitraan ini dapat diajukan secara langsung kepada kepada saya di 081250111575," ujarnya.

Baca juga: Penerimaan PBB-KB Kalsel Periode Mei-Juni 2021 Minus 5,13 Persen, Imbas Peniadaan Mudik

Baca juga: Puluhan Remaja Diduga Lakukan Balap Motor di Jalanan Diamankan Polsekta Banjarmasin Timur

HeadWay Test melalui UPT P3B UM Banjarmasin juga akan memberikan Added Value Program sebagai implementasi dari kemitraan tersebut, yaitu dalam bentuk HeadWay School Rewards, HeadWay Sponshorship, HeadWay Contest, HeadWay Scholarship dan juga HeadWay E-Learning Class. Hal tersebut  tidak akan dijumpai pada penyelenggara tes kelancaran Bahasa Inggris lainnya.

Layanan kebahasaaan yang diberikan UM Banjarmasin meliputi kursus Bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Bahasa Arab, Proof Reading untuk naskah berbahasa Inggris.

Juga, penerjemahan naskah dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dan sebaliknya, BIPA, penyuntingan naskah berbahasa Indonesia, pendaftaran pelaksanaan TOEFL ITP dan TOEIC International  dan juga Tes of English Proficiency (TEP).

( Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved