Breaking News:

Wisata Pulau Curiak Batola

Wisata Kalsel, Ada Pasar Terapung di Kawasan Pulau Curiak Batola, ini yang Ditawarkan

Di Pulau Curiak Batola ada pasar ikan terapung di Muara Sungai Anjir yang bermuara di Sungai Barito

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Pasar Twrapung Ikan yang berada di Kawasan Pulau Curiak, lokasi Restorasi mangrove rambai dan stasiun riset bekantan di Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Di samping dapat menikmati bentang alam yang masih asri di kawasan Pulau Curiak, pengunjung yang datang juga dapat menyaksikan langsung pasar ikan terapung.

Pasar ikan terapung (Fish Floating Market) tersebut berada di Muara Sungai Anjir yang bermuara di Sungai Barito, tak jauh dari lokasi Pulau Curiak, bahkan masih dalam satu kawasan.

Aktivitas jual beli di atas perahu ini dilakukan oleh para masyarakat nelayan setempat.

Mereka menangkap hasil sungai berupa ikan segar dan udang

Baca juga: Wisata Kalsel - Pulau Curiak Batola, Awalnya Pulau Kecil Tak Terurus Kini Namanya Mulai Mendunia

Baca juga: Wisata Kalsel, Menikmati Bentang Alam di Pulau Curiak Batola, Jika Beruntung Bisa Melihat Bekantan

Disampaikan Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah, nelayan biasanya menangkap hasil sungai tersebut dengan alat tradisional pada malam hari, kemudian berkumpul di muara sungai untuk menawarkan hasil tangkapannya kepada pembeli.

Rata-rata pembeli merupakan pengepul yang datang dari Banjarmasin dan sekitarnya, mereka membeli ikan dan udang untuk dijual kembali.

"Ada berbagai ikan yang biasa dijual nelayan, seperti patin, lais, lawang, pipih, bakut, udang galah dan lainnya," ungkap Jaya.

Ia pun menambahkan, kegiatan masyarakat seperti ini alami terbentuk sejak puluhan tahun lalu dan masih bertahan hingga saat ini.

Meskipun tidak seramai dulu, karena akses darat yang lebih mudah membuat aktivitas transportasi air masyarakat berkurang, sehingga turut berdampak pada pasar ikam khas Sungai Barito ini.

(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved