Breaking News:

Harga Bitcoin Hari Ini

Harga Bitcoin Hari Ini Terjungkal di US$30.633, Simak Hasil Riset Soal Tren Penurunan Uang Kripto

Harga Bitcoin dan ethereum sebagai uang kripto populer misalnya, cenderung turun. Bitcoin terjungkal di angka US$30.633, sedangkan Ethereum US$1.817.

Penulis: Mariana | Editor: Anjar Wulandari
net
Ilustrasi Bitcoin.Harga Bitcoin Hari Ini Terjungkal di US$30.633, Simak Hasil Riset Soal Tren Penurunan Uang Kripto 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Harga crypto currency alias mata uang kripto  terus mengalami tekanan, bahkan beberapa hari terakhir terjadi tren penurunan.

Harga Bitcoin dan ethereum sebagai uang kripto populer misalnya, cenderung turun. Hari ini misalnya, Bitcoin terjungkal di angka US$30.633, sedangkan Ethereum US$1.817.

Penurunan harga bitcoin 3,14 % dalam 24 jam atau 8,32% secara mingguan. Sedangkan Ethereum, kripto populer kedua setelah Bitcoin mengalami penurunan 6,34% secara harian dan 13,31% secara mingguan.

Data itu pantauan Banjarmasinpost.co.id di coinmarket.cap Senin (19/7/2021) malam. Namun harga kripto masih terus berfluktuasi.

Baca juga: Harga Bitcoin Hari Ini Terpuruk, Analis Sebut Grafik Jelek dan Turun ke Level 31.000 US$ Akibat

Baca juga: Harga Bitcoin Hari Ini Masih Bertengger di US$32.185, Imbas Tambang Kripto China Bertumbangan

Tekanan terhadap uang kripto memang terus menguat, salah satunya dari China. Pada akhir Mei lalu, otoritas finansial China mulai melarang bank dan perusahaan menyediakan layanan yang berkaitan dengan transaksi mata uang kripto (cryptocurrency), seperti Bitcoin, Ethereum, dkk.

Belakangan, alasan lingkungan juga membuat pemerintah China makin gencar memberangus aktivitas terkait mata uang kripto, termasuk dengan melarang kegiatan penambangannya alias mining.

Pelarangan ini akhirnya membuat sejumlah tambang kripto di China ditutup, termasuk yang berada di provinsi Sinchuan dan Xinjiang.

Padahal, dua daerah itu termasuk penyumbang daya komputasi (hash rate) terbesar untuk jaringan Bitcoin. Akibatnya, hash rate Bitcoin secara global ikut terdampak secara signifikan.

Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. (PEXELS/WORLDSPECTRUM)

Alhasil, keping Bitcoin baru pun akan semakin sulit didapat karena proses atau kecepatan penambangannya akan semakin lambat.

Dilansir dari kompas.com, meski China bertindak keras terhadap mata uang kripto, ternyata bukan China yang bikin Bitcoin dkk sulit didapat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved