Breaking News:

Dispersip Kalsel

IPL Tertinggi se-Indonesia, Dispersip Kalsel Persembahkan ‘SMS Dara Mengaca’ Kado Hari Jadi Provinsi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel memprogramkan “SMS Dara Mengaca” Mendukung Hari Jadi ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan

Editor: Eka Dinayanti
dispersip kalsel
Kepala Dispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, aktif dalam bidang literasi dan perpustakaan di kancah nasional. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendukung Hari Jadi ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 dengan tema Rukui Hajat Gawi Basumangat, Banua Harat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel memprogramkan “SMS Dara Mengaca”.

Seakan tiada lelah, Dispersip Kalsel terus mempromosikan Perpuspalnam bukan hanya di Kalsel namun ke seluruh Indonesia.

Hal ini tidak lain adalah untuk mendukung salah satu Visi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016-2021 yaitu Mengembangkan SDM yang Agamis, Sehat, Cerdas dan Terampil.

Dukungan untuk Dispersip Kalsel
Dukungan untuk Dispersip Kalsel (dispersip kalsel)

Selain itu program ini mendukung Visi Presiden RI Peningkatan Kualitas Manusia Indonesia dengan agenda Pembangunan SDM.

Ini sesuai dengan Permendagri No 90 Tahun 2019 dan Permendagri No 18 Tahun 2020 bahwa indikator keberhasilan perpustakaan provinsi adalah meningkatnya nilai kegemaran membaca masyarakat (IMBM) dan meningkatnya indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM).

Sesuai hasil survei dari Perpusnas RI tahun 2020 IPL Kalsel tertingi se-Indonesia dengan nilai 48,70 unggul di atas Provinsi Babel (28,83) dan Gorontalo (28,18).

Namun IMBM Kalsel berada di urutan 17 dari 34 Provinsi di Indonesia dengan nilai 55,85.

Kepala Dispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, aktif dalam bidang literasi dan perpustakaan di kancah nasional.
Kepala Dispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, aktif dalam bidang literasi dan perpustakaan
di kancah nasional. (dispersip kalsel)

Oleh karenanya Dispersip Kalsel dengan gencar menggalang IMBM dengan membuat program kegiatan strategi merangkul stakeholder dalam rangka meningkatkan minat baca di Kalimantan Selatan dengan slogan “ SMS Dara Mengaca” yang didukung seluruh Forkompida, Rektor UIN Antasari, Kepala BNNP Kalsel dan Tokoh masyarakat GT (P) Rusdi Efendi, AR serta Guru Kapuh (Ketua MUI Kab. HSS) dan dukungan penuh 10 dari 13 Bupati/Wali Kota di Kalsel.

Dengan mengunjungi kepala daerah dan tokoh masyarakat di Kalsel untuk memohon membuat komitmen sesuai dengan Amanah UU No. 43 Tentang Perpustakaan Pasal 8 bahwasanya pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten berkewajiban: Menjamin Penyelenggaraan dan Pengembangan Perpustakaan di daerah, menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata diwilayah masing-masing, menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat, menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan, memfasilitasi penyelenggaraan perpustakaan didaerah dan menyelenggarakan dan mengembangkan perpustakaan umum daerah berdasar kekhasan daerah sebagai pusat penelitian, dan rujukan kekayaan budaya daerah di wilayahnya.

Selain penandatanganan komitmen tersebut, kepala daerah dan tokoh masyarakat memberikan dukungan dengan membuat konten video pendek mengimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan minat baca dan berkegiatan di Perpustakaan sebagai wahana literasi wisata dan edukasi.

Kepala Dispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, aktif dalam bidang literasi dan perpustakaan di kancah nasional.
Kepala Dispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, aktif dalam bidang literasi dan perpustakaan
di kancah nasional. (dispersip kalsel)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved