Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Tarif PCR Turun, Begini Respon Pengusaha Travel di Kalsel

Kemenkes memutuskan untuk menurunkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan screening virus corona (covid-19) melalui metode RT-PCR

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Ilustrasi-Petugas di Puskesmas Pekauman, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedang melakukan pengambilan sampel swab. Dalam waktu dekat, Pemko Banjarmasin bisa melakukan pemeriksaan spesimen dari sampel swab karena telah memiliki alat PCR yang ditempatkan di RSUD Sultan Suriansyah. 

BANJARMASINBPOST.CO,ID, BANJARMASIN - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengintruksikan penurunan pelaksanaan tarif Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Indonesia. Namun, penerapan Kebijakan ini di daerah terbilang lambat.

Kemenkes memutuskan untuk menurunkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan screening virus corona (covid-19) melalui metode RT-PCR menjadi Rp 495 ribu untuk daerah di Jawa-Bali, dan Rp525 untuk daerah luar Jawa-Bali.

Ketua asosiasi Travel Umrah Kalsel,  Saridi Salimin menyambut baik kebijakan tersebut. Tentunya dengan turunnya  tarif PCR maka tingkat mobilitas dari masyarakat yang akan bepergian akan berpengaruh secara signifikan. 

"Walau demikian  masih memberatkan masyarakat," kata Saridi Salimin. 

Baca juga: Tarif PCR Masih Lebih Mahal dari Tiket, Klinik Bandara Syamsudin Noor Tunggu Aturan Kemenkes

Baca juga: Tarif PCR Kini Turun, Kemenkes Tetapkan Rp 495 Ribu untuk Jawa dan Bali

Dijelaskan dia, jika ditanya berapa persen pengaruhnya sejauh ini belum bisa dikalkulasi sebab turunnya tarif PCR di daerah baru saja diterapkan. 

Sementara, Humas PT AP Syamnoor, Zulfian Noor, menjelaskan bahwa penerapan dengan tarif baru akan dimulai besok (hari ini). 

"Esok (hari ini) mulai berlakunya dengan tarif Rp 525 ribu," tandas  Zulfian Humas PT AP Syamnoor tersebut. (banjarmasinpost.co.id /nurholis huda)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved