Breaking News:

Berita Kalteng

Warga Dua Desa di Kabupaten Kapuas Ikuti Layanan KB dan Deteksi Kanker Serviks

Perempuan warga Desa Bumi Rahayu dan Desa Manggala Permai, Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, jalani pemeriksaan untuk deteksi gejala kanker serviks.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Alpri Widianjono
PKK KECAMATAN KAPUAS MURUNG
Kegiatan pemeriksaan kesehatan di Balai Desa Bumi Rahayu, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pemeriksaan IVA (Kolak IVA) dan Pelayanan KB dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Kapuas Murung di Balai Desa Bumi Rahayu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Kegiatan untuk warga Desa Bumi Rahayu dan Desa Manggala Permai ini merupakan salah satu wujud kepedulian kepada para perempuan yang berisiko terhadap Kanker Serviks di wilayah Kapuas Murung.

Bisa terlaksana atas kerja sama antara Tenaga Kesehatan dari UPT Puskesmas Palingkau, DP3APPKB dan PKK kecamatan Kapuas Murung. Kegiatan lanjutan akan diadakan di kelurahan dan desa lainnya.

Tujuan pemeriksaan IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari kasus-kasus penyakit dengan pengobatan dini terhadap kanker leher rahim.

Baca juga: Pencanangan Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil di Kabupaten Kapuas

Baca juga: Perjudian di Kalteng, Warga Pulang Pisau Main Dadu Gurak Diamankan di Kapuas Barat

Selain pemeriksaan IVA juga diberikan pelayanan KB dan metode MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang)  seperti IUD dan implant.

Ketua TP PKK Kecamatan Kapuas Murung, Nuriyanti menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kepada wanita yang beresiko kanker leher rahim untuk melakukan pemeriksaan IVA. 

"Supaya jika ada masalah kesehatan,  cepat diobati. Apalagi  pemeriksaan ini tidak sakit,  hasilnya langsung diketahui dan tidak dipungut biaya apapun," katanya, Sabtu (28/8/2021).

Saat kegiatan dihadiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Ketua TP PKK Desa Bumi Rahayu dan Ketua TP PKK Desa Manggala Permai.

Baca juga: Disdik Kapuas Minta Kepala Sekolah Persiapkan Matang Sarana Prasarana Asesmen Nasional

Baca juga: Kabar Gembira, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Akan Buka Perkuliahan di Kapuas

Kegiatan pun berjalan dengan lancar dan selalu mentaati protokol kesehatan yang berlaku.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved