Breaking News:

Berita Tabalong

Wisata Embung Sawah di Jaro Kabupaten Tabalong Bakal Dikembangkan

Pengembangan tempat wisata Embung Sawah Jaro libatkan aparat desa, kecamatan, dinas terkait dan Badan Pertanahan Tabalong.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Pemandangan alam di wisata embung sawah di Desa Jaro, Kecamatan Jaro yang berada di utara Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wilayah Kecamatan Jaro yang berada di utara Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dikenal banyak memiliki potensi wisata.

Pengembangan terhadap potensi wisata ini juga terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

Seperti, Wisata Embung Sawah yang ada di Desa Jaro, saat ini sedang dalam perencanaan untuk pengembangan.

Wisata Embung Sawah lokasinya sangat strategis dan menawarkan pemandangan alam berupa hamparan sawah dengan latar belakang pegunungan.

Baca juga: VIDEO Berkunjung ke Wisata Embung Sawah di Desa Jaro Kabupaten Tabalong

Camat Jaro, H Suwandi, Sabtu (28/8/2021), menyampaikan, rencana pengembangan Wisata Embung Sawah ini masuk dalam program Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Tabalong.

Di dalamnya melibatkan pihak desa, jajaran SKPD terkait, serta Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tabalong.
Ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tabalong Nomor 188.45/397/2021 tanggal 20 Agustus 2021 tentang

Penetapan Lokasi Pilot Project Kampung Reforma Agraria Kabupaten Tabalong tahun 2021.

"Jadi, ini bagian dari ditetapkannya Desa Jaro, Kecamatan Jaro, sebagai pilot project Kampung Agraria di Kabupaten Tabalong," ujarnya.

Baca juga: Tawarkan Pemandangan Alam yang Eksotis, Wisata Embung Sawah Desa Jaro Tabalong Keren untuk Selfi

Penetapan Wisata Embung Sawah sebagai sasaran yang dikembangkan sebagai Kampung Reforma Agraria di Tabalong didasari beberapa pertimbangan.

Salah satunya agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar secara ekonomis dan bisa menambah pendapatan asli desa.

Ditambahkannya, sebagai langkah awal pengembangan Embung Sawah Desa Jaro Tabalong ini sudah ada dibuat master plan yang difasilitasi BPN.

Satu sudut di lokasi wisata embung sawah di Desa Jaro, Kecamatan Jaro yang berada di utara Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
Satu sudut di lokasi wisata embung sawah di Desa Jaro, Kecamatan Jaro yang berada di utara Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN)

Dari master plan yang ada itu, direncanakan ada beberapa fasilitas dan pelayanan yang dikembangkan di Wisata Embung Sawah.

Di antaranya, penambahan spot foto, pembangunan resto atau tempat menjual makanan, pembuatan wahana bermain, taman, stand souvenir dan lainnya. "Mudah-mudahan tahun ini tahap awal bisa dilakukan," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved