Breaking News:

Kriminalitas Tabalong

Pemusnahan Narkoba di Polres Tabalong, 21,36 Gram Sabu Diblender Lalu Dibuang ke Septic Tank

Pemusnahan barang bukti tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu kembali dilakukan Polres Tabalong

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Polres Tabalong Musnahkan 21,36 Gram Sabu, Diblender dan Dibuang ke Dalam Septic Tank, Selasa (31/8/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pemusnahan barang bukti tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu kembali dilakukan Polres Tabalong, Selasa (31/8/2021).

Ada 21,36 gram sabu yang dimusnahkan dalam pemusnahan baran bukti yang berlangsung di halaman depan Mapolres Tabalong ini.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin memimpin langsung pemusnahan yang juga diikuti Ketua PN Tanjung, kuasa hukum tersangka serta perwakilan Kejari, Dinkes dan BNNK Tabalong.

Selain itu tersangka dalam kasus sabu yang dimusnahkan juga turut dihadirkan untuk melihat langsung jalannya proses pemusnahan.

Baca juga: Narkoba Kalsel : Simpan Puluhan Paket Sabu di Kamar Kos, Warga Banjarbaru Diciduk Polisi Polda

Baca juga: Narkoba Kalsel : Gerebek Dua Pria Banjar, Polsek Sambung Makmur Amankan 10 Paket Sabu Siap Edar

Baca juga: Narkoba Banjarmasin, Simpan 100 Gram Lebih Sabu dalam Bungkus Kudapan, Pemuda Kelayan Dibekuk Polisi

Proses pemusnahan dilakukan dengan cara memasukan semua serbuk sabu ke dalam blender berisi cairan sabu, setelah sebelumnya diperiksa dulu keaslian kandungan narkotikanya melalui tes kit.

Semua sabu yang sudah tercampur kemudian diblender dan selanjutnya dibuang ke dalam septic tank yang ada di Mapolres Tabalong.

Tujuan dari pemusnahan barang bukti ini agar tidak disalahgunakan pihak-pihak yang berkepentingan dalam penanganan perkara ini.

Menurut kapolres, pemusnahan barang bukti ini dalam rangka pelaksanaan pasal 91 ayat 2 UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Yang berbunyi barang sitaan narkotika dan prekursor Narkotika yang berada dalam penyimpanan dan pengamanan penyidik yang telah ditetapkan untuk dimusnahkan,wajib dimusnahkan dalam waktu paling lama tujuh hari terhitung sejak menerima penetapan pemusnahan dari kepala kejaksaan negeri setempat," katanya.

Dalam pemusnahan kali ini, total berat bersih sabu yang terbungkus 20 plastik klip seberat 21,86 gram. 

Kemudian dari total berat bersih 21,86 gram itu disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium POM Banjarmasin 0,25 gram dan 0,25 gram sebagai oembuktian di Pengadilan Negeri Tanjung.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Sat Resnarkoba Polres Balangan Amankan Tersangka Sabu, Ditemukan BB 5,8 Gram

Sehingga yang tersisa untuk dimusnahkan ada 18 bungkus plastik klip sabu dengan berat total 21,36 gram.

Barang bukti sabu ini merupakan milik tersangka, RJ (46), warga Desa Jirak RT 5, Kecamatan Pugaan, Tabalong, yang ditangkap Rabu, 4 Agustus 2021 sekitar pukul 15.00 Wita di kediamannya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved