Breaking News:

Berita Banjarmasin

Sekda Tanbu Bersama PUPR dan BPBD Tinjau Jalan Rusak Akibat Banjir Kusan Hulu

Banjir di Desa Lasung Kecamatan Kusan Hulu, beberapa hari lalu sudah rusak akibat banjir yang terjadi di desa tersebut.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Edi Nugroho
Rahmat
Sekda Tananbumbu saat meninjau lokasi jalan rusak akibat banjir di Lasung 

Editor: Edi Nugroho

BANJAMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Banjir di Desa Lasung Kecamatan Kusan Hulu, beberapa hari lalu sudah rusak akibat banjir yang terjadi di desa tersebut.

Jalan aspal yang menghubungakan Desa Lasung dan Satiung itu, terkelupas dan rusak hingga menimbulkan lubang yang cukup dalam.

Akibatnya, jalan tersebut tak bisa dilintasi sehingga warga dan forkopimca membuat jembatan darurat agar tetap bisa dilintasi pejalan kaki.

Menyikapi itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahbumbu, Dr H Ambo Sakka, terjun langsung tinjau lokasi jalan yang rusak akibat banjir itu, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: Warga Berharap Jalan Rusak Parah di Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Segera Diperbaiki

Baca juga: Banjir Kalsel, Debit Air Naik di Kusan Hulu Kabupaten Tanbu Akibatkan Jalan Rusak

Baca juga: Dinas PUPR Tapin Evaluasi Kerusakan Jalan Rusak Desa Lawahan Tapin Selatan

Baca juga: Warga Danau Cermin Kabupaten HSU Dua Kali Perbaiki Jalan, Rusak Lagi Dilintasi Truk Besar

Sekda juga mengajak beberapa Kepala SKPD yakni BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, dan Dinas Kominfo, serta ada Kabag Ops Polres Tanbu, Kompol Andri H.

H Ambo Sakka usai meninjau jalan yang putus mengatakan jalan yang putus harus segera diperbaiki dan dibuat jembatan darurat.

"Pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat yang terkena musibah banjir seperti ini. Pemerintah harus menjadi garda terdepan dan kami turun langsung," ucapnya.

Terkait solusi mengatasi rumah warga yang terendam, sesuai yang disampaikan Bupati Tanbu dr HM Zairullah Azhar yang sebelumnya saat meninjau lokasi, mengatakan ada dua solusi yaitu di relokasi dan atau rumah warga ditinggikan.

Ditambahkan Subhansyah selaku Plt Kadis PUPR Tanbu, langsung menindaklanjuti intruksi tersebut. Saat itu juga, mengerahkan alat berat, batu pondasi, dan kayu untuk menahan air dan membuat jembatan sementara.

" Hari ini juga bergerak. Jangan sampai warga terisolasi dan tidak bisa beraktivitas karena terputusnya jalan akses antar desa ini," katanya.

Sementara itu, Camat Kusan Hulu Herlambang mengatakan sesuai arahan Sekda, akses jalan yang putus harus segera diperbaiki secepatnya.

"Hari ini sudah mulai dikerjakan. Saat ini alat berat, kayu untuk jembatan, dan lainnya sudah disiapkan," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved