PPKM Kalsel

Resmi, Tiga Daerah di Kalsel Masuk PPKM Level 4 Jilid 4

Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Kotabaru di Kalimantan Selatan (Kalsel) tetap diharuskan menerapkan PPKM Level 4 oleh pemerintah pusat

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NOOR MASRIDA
Sejumlah petugas gabungan melaksanakan pemeriksaan terhadap warga yang akan masuk Kota Banjarmasin di pos perbatasan Sungai Lulut, Kamis (19/8/2021) malam. Kegiatan ini terkait dengan penerapan PPKM Level 4. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lagi, pemerintah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali.

Kebijakan itu berlaku mulai 7 September hingga 20 September 2021, termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga mendapatkan jatah PPKM Level 4 jilid empat ini.

Tiga kabupaten kota di Provinsi Kalsel yang akan menerapkan PPKM Level 4 jilid adalah Kota Banjarmasin, Kota Banjabaru dan Kabupaten Kotabaru.

Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam keterangan persnya mengenai Perkembangan PPKM terkini, Senin (6/9/2021) malam, menyebut luar Jawa-Bali dilakukan perpanjangan PPKM Level 4 diterapkan di 23 kabupaten dan kota. Sebelumnya adalah di 34 kabupaten dan kota.

Baca juga: PPKM Jawa dan Bali Diperpanjang Seminggu Hingga 13 September

Rincian daerah yang menerapkan PPKM Level 4, Kota Banda Aceh, Aceh Tamiang dan Aceh Besar di Aceh ; Kota Medan, Kota Sibolga dan Mandailing Natal di Sumatra Utara ; Kota Padang di Sumatra Barat ; Kota Jambi di Jambi ;  Bangka di Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Kotabaru di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kota Palangkaraya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Selanjutnya, Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Mahakam Ulu di Kalimantan Timur ; Kota Tarakan di Kalimantan Utara ; Kota Makassar di Sulawesi Selatan ; Kota Palu dan Poso di Sulawesi Tengah ; Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara ; Kupang di Nusa Tenggara Timur ; serta Manokwari di Papua Barat. 

"Untuk PPKM Level 3 diterapkan di 314 kabupaten/kota, naik dari sebelumnya di 303 kabupaten/kota. PPKM Level 2 diterapkan pada 49 kabupaten/kota, ini sama dengan yang sebelumnya," sebut Airlangga.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kalsel: Kadinkes Sebut Stok Vaksin Sekitar 200 Ribu Dosis

Dengan dilanjutkannya PPKM Level 4 di tiga daerah di Kalsel, maka Kalsel masuk lagi dalam status PPKM level 4 jilid 4.

Sebelumnya, pada PPKM Level 4 jilid tiga, berdasarkan data KPC PEN, yakni Kota Banjarmasin , Kota Banjarbaru , Kabupaten Tanah Laut (Tala) , Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) , Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Sisanya , menerapkan PPKM Level 3.

Dengan dilanjutkannya PPKM di Kalsel, maka tak terpenuhilah harapan Satgas Covid-19 tentang penurunan dari Level 4 ke ke level 2 atau 1. Meski begitu, Kabupten Tala , Kabupaten Tanbu dan Kabupaten HST kini tidak lagi di Level 4.

Juru bicara satgas Covid 19 Kalsel, HM Muslim, mengatakan, mengikuti petunjuk dari pemerintah pusat tersebut. "Sesuai dengan instruksi dari pusat," ujarnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved