Breaking News:

BTalk

BTalk, Ketahui tentang Batu Ginjal dan Infeksi Saluran Kemih

Batu ginjal karena ada batu, posisinya bisa di ginjal atau ureter (saluran ke kantung kemih) dan bisa juga di kantung kemih. Bisa diobati atau operasi

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Dr dr Eka Yudha Rahman MKes SPU dari RSUD Ulin hadir dalam program BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja yang membahas tentang batu ginjal, Selasa (13/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Banyak orang menderita penyakit batu ginjal. Ada yang bisa keluar sendiri saat buang air kecil.

Ada pula yang harus dioperasi. Kenapa bisa ada batu di saluran kemih? Apa gejalanya supaya kita bisa mencegahnya.

Dr dr Eka Yudha Rahman MKes SPU dari RSUD Ulin menjelaskan tentang penyakit ini di program BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Selasa (13/9/2021) Pukul 13.00 Wita,

Perbincangan ini dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Agus Rumpoko, ditayangkan langsung serta bisa disimak ulang di Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook Online.

Dijelaskan dokter Eka, penyakit ini adalah adanya 'batu' di saluran kemih. Posisi batunya bisa di ginjal atau ureter (saluran ke kantung kemih) dan bisa juga di kantung kemih.

Baca juga: BTalk, Safar Bukan Bulan Sial

Baca juga: BTalk, Tips dari Ahli Nutrisi RSUD Ansari Saleh Banjarmasin tentang Diet yang Baik

"Ginjal juga berfungsi sebagai saringan atau filtrasi, namun ketika ada zat yang berlebihan dan tidak bisa dibuang maka membentuk kristal seperti batu," jelasnya. 

Contohnya zat dalam darah berupa asam urat yang berlebihan, jika metabolisme tubuh normal, maka dapat dibuang tapi jika sebaliknya maka ini bisa membentuk kristal dan menjadi batu. 

Zat lainnya pemicu batu ginjal adalah oksalat yang berlebihan. Oksalat itu sumbernya dari kacang-kacangan, cokelat, melinjo, bayam, buncis, daging merah, kopi, soda. 

"Selama saya bertugas di bagian urologi, memang penyakit batu ginjal saluran kemih ini paling banyak diderita. Penyebabnya banyak, bisa karena suka mengonsumsi air atau makanan tertentu atau kelainan tubuh, bisa pula karena kurang minum," papar dr Eka. 

Penyakit pada ginjal bisa pula bukan karena masalah di ginjal, tapi masalah di kantung kemih. Ini dipicu bukan karena makanan dan minuman, tapi kebiasaan diri yang suka menahan buang air kecil. 

Perbincangan mengenai batu ginjal menghadirkan Dr dr Eka Yudha Rahman MKes SPU dari RSUD Ulin sebagai narasumber, dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Agus Rumpoko, Selasa (13/9/2021).
Perbincangan mengenai batu ginjal menghadirkan Dr dr Eka Yudha Rahman MKes SPU dari RSUD Ulin sebagai narasumber, dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Agus Rumpoko, Selasa (13/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN)

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved