Breaking News:

BTalk

BTalk, Cara Beri Pendidikan Seks pada Anak Menurut Sekretaris Himpsi Shanty Komalasari

Menjelaskan kepada anak tentang tema seks tidak harus detil, cukup sepemahamannya, menurut Sekretaris Himpsi Kalsel Shanty Komalasari di acara BTalk.

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Sekretaris Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (Himpsi Kalsel), Shanty Komalasari MPsi, menjelaskan tentang cara orangtua memberi pendidikan seks pada anak, dalam acara BTalk, Sabtu (4/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bagi sebagian orangtua, pendidikan seks tabu disampaikan kepada anak.

Padahal konten pornografi sudah bertebaran di dunia maya dan dengan mudah diakses oleh anak. Bagaimana sebenarnya cara yang tepat memberikan pendidikan seks kepada anak? 

Sekretaris Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan ( Himpsi Kalsel ), Shanty Komalasari MPsi, mengatakan, pendidikan seks itu penting.

Tujuannya adalah agar anak-anak memahami, namun harus disampaikan sesuai tahapan usia. 

"Sejak dini harus diberikan pemahaman, ya paling tidak mulai usia kurang tiga tahun," ujar Shanty pada acara BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Sabtu 4 Septemberi 2021 pukul 16.00 Wita. 

Baca juga: BTalk, Cara Jitu Ajari Anak Cinta Al-Quran

Baca juga: BTalk, Dekan FKIK UM Banjarmasin Solikin Sebut Banyak yang Fobia Dengar Proses Cuci Darah

Program BTalk ini tayang live dan bisa disimak ulang di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

Pastinya, ditegaskan Sekretaris Himpsi Kalsel ini, pendidikan seks itu luas. Bukan hanya tentang hubungan seks, tapi tentang berbagai hal yang melingkupinya. 

Lanjut Shanty, setidaknya ada tiga hal yang disampaikan dalam edukasi seks kepada anak. Pertama adalah tentang perbedaan, kedua adalah tentang peran dan ketiga adalah tentang fungsi. 

"Nah, anak di bawah tiga tahun lebih pada pendidikan seks tentang perbedaan, yaitu perbedaan jenis kelamin atau gender, bahwa ada lelaki dan ada perempuan," papar Shanty kepada Anjar Wulandari, jurnalis Banjarmasin Post yang menjadi pemandu acara. 

Kemudian juga sampaikan secara sederhana tentang peran ayah sebagai lelaki dan peran ibu sebagai perempuan. Memberi penjelasan itu tidak harus detil dulu, cukup sepemahaman anak saja. 

Perbincangan tentang cara orangtua memberi pendidikan seks pada anak dalam acara BTalk, hadirkan Sekretaris Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (Himpsi Kalsel), Shanty Komalasari MPsi (kanan), dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Sabtu (4/9/2021).
Perbincangan tentang cara orangtua memberi pendidikan seks pada anak dalam acara BTalk, hadirkan Sekretaris Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan (Himpsi Kalsel), Shanty Komalasari MPsi (kanan), dipandu jurnalis Banjarmasin Post, Sabtu (4/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved