Breaking News:

Berita Banjarbaru

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Minta Jalan Sungai Puting Bisa Dikerjakan

Sendatnya pengerjaan jalan Simpang Serapat Marabahan hingga Kandangan di lokasi Desa Sei Puting Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin

Penulis: Milna Sari | Editor: Edi Nugroho
istimewa/dinas pupr kalsel
ilustrasi: Ujicoba Penggunaan Aspal Buton untuk proses patching atau tambal jalan yang berlobang 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sendatnya pengerjaan jalan Simpang Serapat Marabahan hingga Kandangan di lokasi Desa Sei Puting Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin dibenarkan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional BBPJN XI Banjarmasin.

Dijelaskan Kepala BBPJN XI Banjarmasin, Sauqi Kamal Sabtu (18/9/2021), pada pengerjaan di jalan Sungai Puting pihaknya berusaha agar bisa bekerja minimal clearing.

"Tapi memang di sana terus terang saja masih ada permasalahan sosial yang non teknis sebenarnya," ujarnya.

Pihaknya ujar Sauqi terus berkoordinasi dengan Pemkab Tapin agar setidaknya bisa melakukan clearing. Jika kontaktor mau mengerjakan lebih awal untuk pemasangan Siring kiri kanan jalan terang Sauqi akan lebih baik.

Baca juga: Banjir Kalteng, Jalur Palangkaraya-Buntok Ditutup, Mobil dan Truk Terjebak di Jalan Rusak

Baca juga: Sekda Tanbu Bersama PUPR dan BPBD Tinjau Jalan Rusak Akibat Banjir Kusan Hulu

Baca juga: Warga Berharap Jalan Rusak Parah di Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Segera Diperbaiki

Baca juga: Banjir Kalsel, Debit Air Naik di Kusan Hulu Kabupaten Tanbu Akibatkan Jalan Rusak

Jika Pemkab Tapin tambah Sauqi bisa menjamin pihaknya bisa bekerja di Sei Puting maka kontraktor akan mulai bekerja.

"Kemarin kami perintahkan kontraktor untuk masuk alat, untuk clearing dulu, agar kelihatan mana yang mau dikerjakan," tambah Sauqi.

Meski begitu berdasarkan laporan yang diterimanya ujar Sauqi untuk clearing di Sei Puting masih mengalami kendala. Sampai Minggu kemarin tambah Sauqi masih alot dengan masyarakat. Meski begitu pihaknya sudah menyiapkan anggaran keseluruhan.

"Kita siapkan anggaran awalnya total Rp 90 miliar, tapi ditawar Rp 75 miliar untuk semuanya" ujarnya.

Perbaikan jalan Marabahan - Kandangan sendiri tambahnya merupakan proyek tahun jamak dari 2021 hingga 2022. Namun dalam perjalanannya ungkapnya terjadi refocussing anggaran sehingga secara program mengalami kemunduran.

Saat ini tambahnya pihaknya tengah fokus ke pengerjaan dari Handil Bakti ke Marabahan khususnya pelebaran di Desa Sungai Gampa Kecamatan Rantau Badauh Barito Kuala.

Kontraknya preservasi, Marabahan simpang serapat sampai Kandangan. Sebelumnya akibat banjir Kalsel di awal 2021 jalan nasional dari Marabahan ke Kandangan rusak berat di banyak titik dari panjang jalan 79 kilometer.

Pemerintah melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin kemudian melakukan perbaikan dengan kontrak tahun jamak dengan pagu anggaran lebih dari Rp 90 miliar yang kemudian ditawar menjadi Rp 75 miliar.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna sari).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved