Breaking News:

PT PLN Persero UPDK Palangkaraya

Rumah Sehat FABA, Persembahan Nyata PLN UPDK Palangkaraya untuk Masyarakat di HLN ke-76

Pemanfaatan FABA dari UPDK Palangkaraya PLTU Pulang Pisau (Pulpis) yang diolah menjadi paving block, batako dan material bangunan lainnya.

BANJARMASINPOST.CO.ID/FADLY SETIA RAHMAN
Penyerahan simbolis kunci rumah dalam Program PLN Peduli, Inovasi Rumah Sehat FABA Modular House PLTU Pulang Pisau di momen HLN ke-76, di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (27/10/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PULANGPISAU - PLN terus mengoptimalkan pemanfaatan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) menjadi material bangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Isi PP tersebut mengkategorikan FABA menjadi Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Maka itu PLN berupaya berinovasi mengoptimalkan pemanfaatan FABA dari PLTU.

Inovasi ini juga terlihat pada pemanfaatan FABA dari UPDK Palangkaraya PLTU Pulang Pisau (Pulpis) yang diolah menjadi paving block, batako dan material bangunan lainnya.

Seremoni Program PLN Peduli, Rumah Sehat FABA Modular House PLTU Pulpis diadakan di Jalan Ponorogo Ray 8, Desa Buntoi RT 10, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, provinsi Kalimantan Tengagh, Rabu (27/10/2021).
Seremoni Program PLN Peduli, Rumah Sehat FABA Modular House PLTU Pulpis diadakan di Jalan Ponorogo Ray 8, Desa Buntoi RT 10, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (27/10/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/FADLY SETIA RAHMAN)

Hingga olahan dari FABA itu dimanfaatkan internal oleh PLN bahkan sosial kemasyarakatan.

Satu diantaranya membangun sebuah rumah dengan desain minimalis dinamai FABA Modular House di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulpis, Kalimantan Tengah (Kalteng)

Inovasi UPDK Palangkaraya PLTU Pulpis ini bahkan masuk tiga besar dalam lomba desain rumah berbahan baku FABA yang diadakan PLN.

Lomba yang diadakan guna melahirkan karya inovasi dalam pemanfaatan FABA, khususnya untuk pembuatan tempat tinggal yang dapat membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan rumah layak huni.

Lomba ini juga diselenggarakan untuk mendukung pemanfaatan FABA secara luas (masif) dan kontinyu sehingga dapat mendukung program pemerintah, baik dalam Pembangunan Infrastruktur Nasional/Daerah ataupun dengan UMKM serta kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved