Breaking News:

Berita HSU

Pengelola Wisata Susur Rawa di Kabupaten HSU Manfaatkan 3 Perahu Dinas LH Kalsel

Dinas LH Kalsel beri 3 perahu kepada aparat Desa Pulantani Kabupaten HSU yang dimanfaatkan untuk susur rawa. Wisata ini meningkatkan perekonmian warga

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Perahu-perahu yang digunakan untuk wisata susur rawa di wilayah Desa Pulantani, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (2/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Aparat Desa Pulantani, Kecamatan haur Gading, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), mendapat perahu dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Perahu-perahu tersebut dimanfaatkan pengelola wisata susur rawa. Mereka memang memerlukannya dalam jumlah cukup banyak, sehingga bisa mengantar para wisatawan.

Sebelum ada bantuan ini, pengelola objek wisata menggunakan perahu milik warga sekitar yang biasanya digunakan untuk mencari ikan atau mengangkut purun.

Sekretaris Desa Pulantani sekaligus penggagas Susur Rawa Swargaloka HSU, Iwan Hermawan, Selasa (2/11/2021), membenarkan ada tambahan 3 perahu yang merupakan bantuan dari Dinas LH Kalsel.

Baca juga: Syuting di Candi Agung Amuntai, Sanggar Air HSU Tampilkan Drama Tari Musikal Amuk Naga Runting

Baca juga: Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pemkab HSU, BNN Tes Urine 40 ASN

Perahu tersebut ada tempat duduk beralas busa, sehingga akan terasa nyaman bagi wisatawan saat menyusuri rawa-rawa

Selain itu, pengelola objek Susur Rawa Swargaloka HSU ini juga mendapatkan 1 perahu lagi yang berfungsi untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan adanya tambahan perahu, tidak khawatir saat hari-hari tertentu seperti hari libur atau ada instansi yang ingin mengunjungi objek wisata swargaloka dalam jumlah pengunjung yang cukup banyak. Seluruh pengunjung bisa diantar menyusuri rawa-rawa menggunakan perahu yang tersedia, ditambah dengan perahu milik warga," beber Iwan.

Untuk peningkatan objek wisata Swargaloka saat ini, sedang dilbangun gazebo yang letaknya tidak jauh dari pondok tempat para wisatawan beristirahat.

Baca juga: Jadi Motivasi Siswa Lainnya di HSU, Mutia Azzahra Siswi SMKN 2 Amuntai Raih Juara II LKS Nasional

Baca juga: Pelatihan Mengolah Makanan di Pematang Benteng Kabupaten HSU untuk Ciptakan Usaha Mikro

Pondok itu berada di tengah rawa-rawa yang dibangun aparat desa sebagai tempat istirahat, sekaligus menikmati suasana alam.

Dengan adanya Susur Rawa Swargaloka HSU, banyak warga yang terbantu secara ekonomi karena di desa ini terdapat pula tempat penjualan kerajinan Anyaman Purun.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved