Breaking News:

BTalk

BTalk - Membiasakan Anak Disiplin Tanpa Paksaan

Mendidik anak disiplin kerap menjadi persoalan bagi sejumlah orangtua.  Agar anak bangun pagi saja, tak sedikit orangtua yang kesulitan.

Penulis: Salmah | Editor: Syaiful Akhyar
banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin
BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Sabtu (6/11/2021) Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Kalsel, Sukma Noor Akbar MPsi Psikolog membahas tema membiasakan anak disiplin tanpa paksaan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendidik anak disiplin kerap menjadi persoalan bagi sejumlah orangtua.  Agar anak bangun pagi saja, tak sedikit orangtua yang kesulitan.

Belum lagi anak soal aktivitasnya seperti belajar. Sedangkan untuk mendidiknya secara keras, sejumlah orangtua kadang tidak tega.

Bagaimana sebenarnya membiasakan anak disiplin dalam berbagai hal? Hal ini dibahas dalam perbincangan menarik di BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Sabtu 6 November 2021 pukul 16.00 Wita.

Perbincangan menghadirkan narasumber Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Kalsel, Sukma Noor Akbar MPsi Psikolog.

Baca juga: Kebakaran di Kotabaru, Tujuh Rumah di Desa Tarjun Dilalap Api, Aula Kantor Desa Turut Terbakar

Baca juga: Warga Bongkar Kiosnya di Depan Gedung BTC Jalan Pramuka Kota Banjarmasin

Baca juga: Pasokan Ikan Laut Mulai Meningkat di Banjarmasin, Harga Per Kilogram Mulai Turun

Perbincangan yang dipandu Jurnalis Banjarmasin Post, Agus Rumpoko, ini tayang live dan bisa disimak ulang di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

Dikatakan Sukma, semua anak pada dasarnya dilahirkan dalam kondisi baik hanya saja dalam perkembangannya ada beberapa hal yang memengaruhi prilakunya.

"Apakah karena masalah prilaku itu terbentuk dari keluarga, lingkungan atau media sosial. Ini sumber yang perlu dibenahi agar prilaku anak yang negatif bisa menjadi positif," jelasnya.

Dijelaskan bahwa disiplin itu adalah sebuah perubahan dan secara asal bahasa disiplin berasal dari bahasa latin yang artinya mengajar. Jadi disiplin itu mendidik menjadi baik.

"Orangtua mengajarkan anaknya cara yang baik, itu disiplin. Dan mengajarkannya itu harus konsisten. Artinya tidak berubah-ubah. Konsisten ini juga harus melibatkan banyak pihak," jelasnya.

Jadi disiplin positif itu mengajarkan prilaku kepada anak yang sebelumnya harus dikomunikasikan kepada anak. Kalau tidak konsisten anak akan bingung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved