Breaking News:

TECHNO

Aplikasi Edit Foto Pengantin yang Viral Ternyata Tidak Gratis, Simak Tutorial Berhenti Berlangganan

Aplikasi ini disukai lantaran kemampuannya menyulap foto seseorang menjadi mirip pengantin, lengkap dengan gaun, mahkota, hingga segala riasannya.

(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
Tangkap layar tren #editfotopengantin yang viral di TikTok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Belakangan media sosial seperti facebook diramaikan dengan editan video pengantin hanya berbekal sebuah foto.

Ternyata aplikasi yang digandrungi sebagian warganet kaum hawa itu tidaklah gratis. Penggunanya akan dikenai biaya saat waktu yang ditentukan.

Seperti diketahui, aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor (atau Tempo - Music Video Maker, apabila dicari lewat Play Store) belakangan viral lantaran banyak digunakan warganet.

Aplikasi ini disukai lantaran kemampuannya menyulap foto seseorang menjadi mirip pengantin, lengkap dengan gaun, mahkota, hingga segala riasannya.

Baca juga: Video Aksi Tak Terpuji Sejoli Pelajar SMK Gianyar Viral di Medsos, Ternyata Direkam Diam-diam

Baca juga: Video Viral Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Diselidiki Polisi, Publik Diminta Tak Spekulasi

Namun yang mungkin belum banyak diketahui, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi hanya untuk beberapa hari pertama saja. Setelahnya, pengguna akan dikenakan tagihan langganan.

Seorang pengguna Facebook bernama Udin e Dadung mengimbau pengguna Tempo - Face Swap Video Editor agar mengetahui dan menyadari perihal tagihan tersebut. Menurut dia, aplikasi yang bersangkutan hanya gratis selama 2-3 hari sebelum menagih bayaran.

"Akan ada tagihan sebesar Rp 202.400 dan pajak sebesar Rp 18.400 setiap tahun sampai teman-teman membatalkan langganan," tulis Udin dalam posting yang diunggahnya, seperti dilansir Kompas.com.

KompasTekno mencoba menelusuri bagaimana aplikasi Tempo - Face Swap Video Editor dapat membebankan pengguna dengan biaya berlangganan. Rupanya, tagihan tersebut kerap ditawarkan ketika pengguna hendak menggunakan aplikasi Tempo.

Sesaat setelah membuka aplikasi, pengguna Tempo - Face Swap Video Editor umumnya akan menjumpai jendela pop-out berisi tombol "Continue" berukuran cukup besar. Sebagian pengguna mungkin akan spontan menekan tombol tersebut agar bisa lanjut memakai aplikasi.

Tagihan berlangganan yang akan dikenakan pengguna Tempo - Face Swap Video Editor.
Tagihan berlangganan yang akan dikenakan pengguna Tempo - Face Swap Video Editor. ((KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama))

Apabila pengguna menekan tombol Continue, maka aplikasi akan menyodorkan laman berisi tagihan berlangganan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved