Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Deteksi Dini HIV, Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Kalsel Jalani Pemeriksaan

Sebanyak 100 orang warga binaan di Lapas Narkotika Karang Intan Kabupaten Banjar Kalsel diperiksa petugas Dinas Kesehatan untuk mencegah penyakit HIV.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
HUMAS LAPAS NARKOTIKA KARANG INTAN
Warga binaan jalani pemeriksaan kesehatan di Aula Ruang Kunjungan Lapas Narkotika Karang Intan, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (16/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Warga binaan di Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan mengikuti kegiatan pemeriksaan human immunodeficiency virus (HIV) dan sosialisasi kesehatan, Senin (15/11/2021).

Kegiatannya berlangsung di Aula Ruang Kunjungan Lapas Narkotika Karang Intan, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Disampaikan Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, kegiatan itu sebagai deteksi dini serta rencana penanganan lebih lanjut, andaikan ada warga binaan yang positif saat dilakukan pemeriksaan.

Sebanyak 100 orang warga binaan yang mengikuti kegiatan hari itu, diutamakan warga binaan yang statusnya sebagai kader kesehatan pada masing-masing blok hunian. 

"Kegiatan ini untuk mendeteksi HIV dan penyakit menular lainnya, sedini mungkin, sehingga membantu mencegah, merawat dan mengobati sebelum terjadi keparahan," ujarnya, Selasa (15/11/2021).

Baca juga: Kolaborasi Polres dan Dinkes Kabupaten Banjar Tingkatkan Layanan Vaksinasi

Baca juga: Surveilans RSUD Ratu Zalecha Martapura Terpilih Sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Nasional

Masih kata Wahyu Susetyo, kegiatan VCT merupakan kegiatan rutin yang  diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Kabupaten Banjar di Lapas Narkotika Karang Intan

"Biasanya dilaksanakan Dinkes Banjar maupun dari PKM Karang Intan 1, cuman kali ini kegiatannya sedikit berbeda, ada kegiatan sosialisasi kesehatan dari Dinkes Provinsi Kalsel, sehingga semakin memberikan hal-hal yang positif bagi warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan," katanya.

Ditamvahkan Khairudin, Kasi P2PM Dinkes Banjar  tujuan dari sosialisasi HIV/AIDS dan IMS untuk memberikan pengetahuan mengenai HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya bagi warga binaan Lapas Narkotika Karang Intan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga binaan tentang resiko penyakit HIV/AIDS maupun penyakit menular lainnya, seperti Hepatitis, TB paru. 

"Kepadatan hunian, penyakit tersebut berisiko tinggi, dan harapannya kegiatan ini memberikan manfaat bagi warga binaan saat berada di dalam maupun saat bebas nanti," ujar Khairudin. 

Baca juga: Jalanan Licin, Pengendara Perempuan Ini Kecelakaan Tak sadarkan Diri di Jalan A Yani Km 13 Gambut

Baca juga: Bupati Banjar Saidi Mansyur Minta Camat Tingkatkan Peran Pada Percepatan Vaksinasi

Sosialisasi mengenai kesehatan disampaikan dr. Hikmah dari Dinkes Provinsi Kalsel yang memaparkan berbagai hal mengenai penyakit menular dan pencegahan. 

Warga binaan antusias menyimak paparan yang ditampilkan pada tayangan, setelah sosialisasi berakhir, satu persatu warga binaan mengikuti pemeriksaan VCT dan pengambilan sampel darah.  

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved