Breaking News:

Berita Tanahlaut

Program Sawit Rakyat di Tanahlaut 2021 Seluas 109 Ha, Desember Mulai Berjalan, Ini Sasarannya

Sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang Program Sawit Rakyat (PSR) terus menggelinding di Kabupaten Tanahlaut

Penulis: Idda Royani | Editor: Syaiful Akhyar
Diskominfo Tanahlaut
Pejabat Distanhorbun Tala bersama kalangan Manbun gelar pertemuan memantapkan kelancaran STDB dan Program Sawit Rakyat, Senin (22/11/2021) 

BANJARMASINPOST.CO, PELAIHARI - Sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) terus menggelinding di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kalangan warga di daerah agraris ini pun menaruh harapan besar atas kelancaran program dari Kementerian Pertanian tersebut.

"Pengen juga bisa masuk program itu, mudahan tahun depan masih ada kesempatan," ucap Rahman, warga Pelaihari, Senin (22/11/2021).

Petani kecil ini mengatakan kondisi ekonomi masyarakat kelas bawah seperti dirinya terpuruk terdampak corona virus diseases (covid-19). Karenanya, uluran tangan pemerintah cukup diharapkan seperti melalui PSR maupun program lainnya.

Baca juga: Banjir Kalteng - Pasar Kahayan Palangkaraya Tak Terendam Lagi, Pedagang Mulai Beraktivitas

Baca juga: Viral di Medsos, Rumah Mewah Senilai Rp3 Miliar Ambruk di Jalan Rama Gatot Subroto Banjarmasin

Baca juga: Aliran Listrik Jalan Sekumpul Dipadamkan, PLN Benahi Jaringan Listrik Gg Puji Rahayu Tanjung Rema

Data pada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala, sasaran PSR tahun ini mencapai 109 hektare. Saat ini berada pada tahap rekomendasi teknis.

"Setelah melewati beberapa tahap, semoga pada bulan Desember tahun ini kegiatan PSR sudah dapat dimulai," ucap Kepala Bidang Perkebunan Distanhorbun Tala Edi Haryadi.

Sekadar diketahui, PSR merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit rakyat dengan melakukan penggantian tanaman tua atau tidak produktif dengan tanaman baru sesuai prinsip GAP (Good Agricultural Practices).

Senin kemarin Distanhorbun Tala menggelar pertemuan bersama petugas pengolah data statistik perkebunan (Mantri Perkebunan/Manbun) dan Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se-Kabupaten Tala.

Kegiatan itu bertujuan untuk menghimpun semua Manbun masing-masing kecamatan untuk mengetahui data per semester luas dan produksi perkebunan se-Kabupaten Tala.

Kepala Seksi Produksi Perkebunan Distanhorbun Tala Muhammad Rauzi selaku koordinator kegiatan menerangkan kegiatan tersebut guna menggali kendala Manbun dalam penyiapan data perkebunan.

Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut memunculkan semangat dan motivasi para Manbun dalam penyiapan data produksi dan perkembangan harga perkebunan serta mendukung kegiatan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) dan PSR.

Dengan diterapkannya pula STDB maka diyakini perkebunan di Kabupaten Tala akan lebih maju dan modern, hasil pertanian dan perkebunannya pun diharapkan bisa menopang ekonomi rakyat.

Peluang tersebut tentunya harus dimaksimalkan oleh para petani dan pekebun di Tala.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved