Breaking News:

Berita Banjarbaru

Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat FK ULM Bentuk Kader Anti Hipertensi di Kelurahan Guntung Paikat

Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bentuk Kader Anti Hipertensi.

Penulis: Milna Sari | Editor: Syaiful Akhyar
Luthfi Muhammad untuk banjarmasinpost.co.id
Warga Guntung Paikat Banjarbaru belajar periksa tensi darah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bentuk Kader Anti Hipertensi.

Pembentukan Kader Anti Hipertensi ini menindaklanjuti temuan banyaknya warga khususnya di lingkungan RT2 dan RT4 RW 001 Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru yang mengalami keluhan hipertensi atau darah tinggi.

Kader ini jelas ketua pelaksana kegiatan, Luthfi Muhammad FF Jumat (26/11/2021) dibentuk atas temuan mahasiswa jika mayoritas penyakit yang dialami warga adalah hipertensi.

Selain melakukan intervensi langsung ke warga, pihaknya ujar Luthfi juga sesuai dengan data sekunder yang didapat dari Puskesmas Banjarbaru Selatan yang mana dalam data tersebut hipertensi menjadi 10 penyakit dengan angka kejadian tertinggi di daerah tersebut.

Baca juga: Diterjang Angin Kencang, Dua Pohon di Tapin Tumbang, Satu Timpa Rumah Warga

Baca juga: Pencabulan di Kalsel, Cabuli Bocah 7 Tahun, Begini Aksi Pria Tapin Imingi Korban Permen & Pinjami HP

Baca juga: 160 Peserta Seleksi CPNS Kemenkumham Jalani SKB Kesamaptaan di Banjarmasin

"Kegiatan kita sudah dimulai di akhir Oktober kemarin dan Alhamdulillah sekarang kader sudah berjalan dan kami harapkan dapat mengurangi angka kejadian hipertensi warga Guntung Paikat serta membuat para warga mampu melakukan tindakan pertama apabila terjadi hipertensi pada dirinya atau orang di sekitarnya," jelas Luthfi di Banjarbaru.

Kegiatan sendiri diawali dengan penyuluhan mengenai hipertensi, cara mencegah serta penanggulangannya.

Dilanjutkan dengan pembentukan kader anti hipertensi yang dilaksanakan dua minggu setelahnya dan dihadiri oleh ibu rumah tangga serta remaja.

Kegiatan pengalaman belajar lapangan, penyuluhan serta pembentukan Kader Anti Hipetensi oleh mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat FK ULM di Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru
Kegiatan pengalaman belajar lapangan, penyuluhan serta pembentukan Kader Anti Hipetensi oleh mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat FK ULM di Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru (Luthfi Muhammad untuk banjarmasinpost.co.id)

"Nah Kader Anti Hipertensi ini kita ambil dari mereka yang mengikuti penyuluhan, mereka kita beri edukasi serta dilatih dalam menggunakan tensi meter, serta dicek tensinya, untuk memastikan jika Kader Anti Hipertensi ini adalah mereka yang sehat," tambah Luthfi.

Pengabdian mahasiswa dengan pembentukan kader ini kata Luthfi merupakan sebuah program dari mata kuliah Pengalaman Belajar Lapangan II (PBL II), program ini gabungan dari 2 kelompok yang di ketuai oleh dirinya dan M Dimas Aji M.

Sementara salah satu warga yang mengikuti kegiatan, Sri Muliana dari RT 4 mengatakan jika kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan edukatif.

"Kegiatan dari mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami diedukasi cara pencegahan hipertensi dan dilatih cara menggunakan alat tensi serta perwakilan masing-masing RT diberi tensi meter oleh mahasiswa sehingga kami bisa mengukur dan memantau tekanan darah secara mandiri," ucap Sri Muliana.

Sedangan ketua RT 1, H Abu Bakar mengaku berterimakasih kepada tim pelaksana atas terbentuknya kader Anti Hipertensi tersebut.

"Semoga masyarakat kami jadi lebih sehat dengan adanya kader ini," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/Milna)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved