Breaking News:

Berita Banjarbaru

Warga Tanahbumbu Diminta Buat Pembibitan Rumput Laut untuk Kalsel

selain bibit kakap putih dan rumput laut, sebanyak 11 sak pakan ikan juga diberikan di sejumlah desa di Kabupaten Tanahbumbu.

Penulis: Milna Sari | Editor: Eka Dinayanti
Wahdah Dislautkan Kalsel
6.900 ekor benih ikan kakap putih beserta pakannya diserahkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel bersama anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi di sejumlah desa di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sebanyak 6.900 ekor benih ikan kakap putih beserta pakannya telah diserahkan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kalsel bersama anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi di sejumlah desa di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanahbumbu.

Terang Kabid Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dislautkan Kalsel, Wahdah, Senin (29/11/2021) selain menyerahkan bibit kakap putih dan rumput laut, sebanyak 11 sak pakan ikan juga diberikan di sejumlah desa di Kabupaten Tanahbumbu.

"Kalau dirincikan ada sekitar 500 kg rumput laut dan kami serahkan kepada kelompok pembudidaya di Desa Pulau Burung ini. Sedangkan bibit kakap yang jumlahnya juga mencapai enam ribu lebih beserta pakannya itu sudah diberikan di Desa Kersik Putih, Tanahbumbu," papar Wahdah di Banjarbaru.

Bantuan bibit ikan ujar Wahdah diserahkan secara bertahap sesuai permintaan dari pembudidaya namun maksimal di akhir tahun semua bibit sudah diserahkan.

Baca juga: DPRD Kalsel Setujui Raperda APBD 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi Banua

Baca juga: Tempuh 5 Jam Perjalanan dari Pusat Kotabaru, Anggota DPRD Kalsel Ini Motivasi Warga Pesisir

Bantuan bibit terang Wahdah didatangkan dari luar Kalimantan Selatan, karena pembibitan ikan jenis payau dan laut masih minim di Kalsel.

Bantuan ini ujarnya diberikan sesuai usulan dari kelompok pembudidaya.

Selain itu pembudidaya juga sudah memiliki kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka).

Saat ini ujarnya beberapa kelompok sudah mendapatkan bantuan bibit ikan, sedangkan kelompok lain belum.

Bantuan bibit ikan yang dibagikan yakni jenis ikan bandeng untuk tiga kelompok, yakni satu kelompok di Kotabaru dan dua kelompok di Kabupaten Batola, dan satu kelompok di Tanahbumbu.

Udang windu untuk satu kelompok di Tanahbumbu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved