Berita Batola

VIDEO Overkapasitas, 20 Narapidana Kasus Narkoba Rutan Marabahan Dipindah ke Lapas Karang Intan

Disampaikan Karutan Marabahan, Herry Muhamad Ramdan, pemindahan harus dilakukan melihat kondisi Rutan Marabahan yang sudah overkapasitas.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Marabahan pindahkan 20 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ke LPKN Karang Intan Martapura, Selasa (8/2/2022).

Mutasi WBP berstatus narapidana ini dilakukan guna mengurangi overkapasitas dan pemaksimalan operasional.

Disampaikan Karutan Marabahan, Herry Muhamad Ramdan, pemindahan ini harus dilakukan karena melihat kondisi Rutan Marabahan yang sudah overkapasitas.

"Total per hari ini ada 289 WBP, yang terdiri dari 231 narapidana. Sedangkan kapasitas Rutan Maksimal 130 saja," ungkap Herry.

Baca juga: Video Ketinggian Air di Sungai Tapin, BPBD Tetapkan Siaga 1

Baca juga: VIDEO Korupsi di Banjarmasin - Sidang Vonis Gratifikasi RSUD Ulin

Ia pun menegaskan, meski terbilang kapasitas melampaui batas maksimal, keamanan dan keberlangsungan pembinaan tetap berjalan kondusif.

Di samping itu Herry juga menyampaikan, 20 narapidana yang dimutasi semuanya merupakan WBP yang terjerat kasus narkotika.

Sesuai dengan tempat tujuannya, Lapas Karang Intan Martapura, Kabupaten Banjar merupakan Lapas Khusus Narkotika (LPKN) yang ada di Kalimantan Selatan.

Mengingat masih berlangsungnya pandemi Covid- 19, sebelum diberangkatkan dengan dua unit Transpas, para narapidana juga dites antigen dengan hasil negatif.

(Banjarmasinpost.comid/MuhammadTabri)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved