Ekonomi dan Bisnis

Disnakertrans Provinsi Kalsel Tak Dilibatkan dalam Program Bantuan Subsidi Upah Pekerja

Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans Kalsel, Muzalifah, mengatakan penyaluran Bantuan Subsidi Upah untuk pekerja kini melalui Dinas Sosial.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
Kemnaker.go.id
Bantuan Subsidi Upah/Gaji bagi Pekerja/Buruh dalam penanganan Covid-19. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lagi, pemerintah akan memberikan bantuan kepada pekerja. Namun kali ini pekerja yang akan menerima bantuan adalah pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp 3 juta.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans Kalsel, Muzalifah, Selasa (5/4/2022), membenarkan adanya informasi Bantuan Subsidi Upah kepada pekerja.

"Kami masih mendapatkan informasi tersebut dari berita-berita online di pusat, kalau secara resmi ada surat ke kami sampai sekarang masih belum ada," ujarnya.

Bantuan bagi pekerja, tambah Muza, bukan kali pertama diberikan. Sejak 2020 sudah ada bantuan bagi tenaga kerja.

Pada bantuan di 2020 , katanya, Disnakertrans Kalsel sempat mendata calon penerima. Namun kemudian diserahkan ke Dinas Sosial untuk bantuan pekerja selama pandemi.

Baca juga: Menko Airlangga: Program Perlindungan Masyarakat Akan Lebih Diintensifkan

Baca juga: Polda Kalsel Tangkap 8 Pelaku Penyalahgunaan Solar, Pelaku Gunakan Jerigen Hingga Modifikasi Tangki

Kemudian, bantuan di 2021 dilakukan secara online sehingga Disnakertrans Kalsel tak lagi dilibatkan dalam pendataan dan pendistribusian bantuan.

Bantuan Subsidi Upah tahun ini, diharapkan benar-benar bisa terealisasi, sehingga dapat meringankan beban pekerja di tengah harga bahan pokok yang meroket. 

"Harapan kami agar bantuan ini benar-benar bisa terealisasi dan tentunya akan sangat berarti bagi pekerja, apalagi pekerja yang mendapatkan upah di bawah Rp 3 juta," tambahnya.

Pekerja dengan gaji di bawah Rp 3 juta, jelas Muza, masih cukup banyak di Kalimantan Selatan. Khususnya, pekerja dengan perusahaan skala kecil. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera kembali menyalurkan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada 2022.

Baca juga: CS Bank di Banjarmasin Terdakwa Korupsi Akui Pakai Kode Referal Indra Kenz Main Binomo

Baca juga: Kasus Kematian Warga Kabupaten HSU, Polres HST Tunggu Hasil Pemeriksaan Jenazah di RSUD Ulin

Rencananya, program bantuan sosial subsidi gaji tersebut bakal diberikan untuk 8,8 juta pekerja yang punya gaji kurang dari Rp 3 juta per bulan.

Seperti diketahui, tahun lalu, subsidi upah diberikan kepada pekerja dengan upah dibawah Rp 5 juta, sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan bertahap.

Pada 2021, nominal BSU turun menjadi Rp 1 juta yang diberikan pada pekerja dengan upah Rp 3,5 juta ke bawah.

Dalam Permenaker tersebut, BSU diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp 500.000 per bulan selama dua bulan yang dibayarkan sekaligus. 

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved