Wisata Religi di Desa Tungkaran

Wisata Religi Kalsel - Berziarah ke Makam Datu Kalangkala di Desa Tungkaran

Perjalanan wisata religi di Desa Tungkaran, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar penziarah jangan melewatkan berziarah ke makam Datu Kalangkala

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Makam Syekh Sayyid Achdan bergelar Datu Kalangkala di Desa Tungkaran, Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Di pusat Desa Tungkaran, setelah melewati kantor desa ada simpangan jalan ke kiri, kemudian beberapa ratus meter dari situ ada papan petunjuk arah menuju makam Datu Kalangkala.

Ya, bagi penziarah yang melakukan wisata religi di Desa Tungkaran, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, jangan lupa ke makam Datu Kalangkala.

Aslinya bernama Syekh Sayyid Achdan. Diberi gelar Datu Kalangkala karena makam almarhum berada dekat pohon kalangkala. Demikian informasi warga sekitar.

Syekh Sayyid Achdan adalah anak Datu Kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dari istri ketiga yaitu Datu Lipuri. 

Baca juga: Wisata Religi Kalsel - Banyak Makam Ulama & Zuriat Datu Kelampayan, Ini Jalur ke Tungkaran Martapura

Baca juga: Wisata Religi Kalsel - Berziarah ke Lima Makam Keluarga Datu Kelampayan

Tidak banyak riwayat Datu Kalangkala tersebut. Pastinya lokasi makam beliau sering dikunjungi para peziarah dari berbagai penjuru tanah air.

Meskipun jalur jalan menuju ke makam berbelok-belok namun papan penunjuk arah dan kondisi jalan yang dibeton cukup memudahkan kita untuk berziarah.

Hanya saja bagi Anda yang menggunakan sarana transportasi roda empat mesti memarkir agak jauh dari makam, karena tidak ada area luas di sekitar makam untuk memutar arah kendaraan roda empat.

Kubah Datu Kalangkala ini berada dekat perkebunan warga sekitar. Jalan beton seukuran 3 meter itu juga sulit berpapasan dengan sesama kendaraan roda empat.

Baca juga: Wisata Religi Datu Ahmad di Pelaihari Kalsel, Diziarahi Keturunan Bangsawan dan Ulama

Keluar dari kawasan makam kita kembali menyusur jalan beton dan setelah sampai di jalan utama maka kita belok ke kanan untuk menuju makam Datu Bagul maupun Datu Mar'ie.

Mari simak perjalanan wisata religi berikutnya ke makam Datu Bagul. Yuk, klik lanjtan artikelnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved