Berita Banjarmasin

Balai Bahasa Buka Pendaftaran Duta Bahasa Kalsel 2022, Simak Persyaratannya

Balai Bahasa kembali melaksanakan pemilihan Duta Bahasa Kalimantan Selatan, sejak 1 Juli 2022 s/d 31 Juli 2022.

Penulis: Salmah | Editor: Eka Dinayanti
Foto dokumen Duta Bahasa Kalsel
Saat pemilihan Duta Bahasa Kalsel pada tahun sebelumnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tingkat literasi masyarakat Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara berdasarkan survei Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).

Hal ini tentu perlunya upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan literasi di masyarakat.

Salah satu upaya itu ialah merangkul anak muda untuk menjadi bagian dari Duta Bahasa yang digagas oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui kantor Balai Bahasa yang ada di Indonesia tidak terkecuali Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

Tepat tahun 2022 ini, Balai Bahasa kembali melaksanakan pemilihan Duta Bahasa Kalimantan Selatan.

Baca juga: Mengajar Anak Sekolah Pinggiran, Duta Bahasa Kalsel : Semangat Anak-anak Tinggi dan Perlu Motivasi

Baca juga: Balai Bahasa Kalsel Luncurkan Aplikasi Baca Sastra di Banjarbaru

Pendaftaran Duta Bahasa Kalimantan Selatan tahun 2022 telah dibuka sejak 1 Juli 2022 s/d 31 Juli 2022, dilanjut dengan seleksi administrasi dari tanggal 1 s/d12 Agustus 2022, dan acara puncak serta pembinaan dari tanggal 22 s/d 24 Agustus 2022.

Selama kegiatan seleksi administrasi dilakukan dalam jaringan (daring) dan kegiatan pembinaan dilakukan luar jaringan (luring).

Persyaratan untuk mendaftar Duta Bahasa Kalimantan Selatan diantaranya berusia anatara 18 s/d 25 tahun pada Agustus 2022 ini, belum menikah dan bebas narkoba, berpendidikan minimal SLTA/ sederajat, berdomisili di Kalimantan Selatan, mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, mampu berbahasa daerah dan asing (minimal 1 bahasa asing secara pasif), memiliki keterampilan seni dan sastra daerah, dan mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) ketika telah di tetapkan sebagai finalis.

Dalam melaksanakan proses pemilihan Duta Bahasa Kalimantan Selatan, Balai Bahasa Kalimantan Selatan juga bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Duta Bahasa Kalimantan Selatan (IKA Dubas Kalsel).

Qomaruzzaman, S.Pd, anggota Media dan Publikasi IKA Dubas Kalsel ketika di hubungi pada (18/07) mengajak kepada seluruh pemuda di Kalimantan Selatan untuk menjadi bagian dari Duta Bahasa Kalimantan Selatan tahun 2022.

“Semoga setiap daerah ada perwakilannya, tidak hanya daerah Banjarbaru, Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar saja melainkan pemuda dan pemudi di Kalimantan Selatan,” harapnya.

Qomaruzzaman menyatakan, setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya.

Baca juga: Gencar Sosialisasi Penerapan Tandatangan Elektronik, Diskominfo Banjarbaru Sasar Disdik dan RSDI

"Maka dari itu marilah pemuda pemudi Kalimantan Selatan ikutilah pemilihan Duta Bahasa Kalimantan Selatan tahun 2022. Hidup hanya sekali jangan menua tanpa arti” tambahnya.

Qomar, sapaan akrabnya juga berharap pemuda Kalimantan Selatan bisa menjadi estafet dalam menggalakkan literasi di daerah.

“Mari kita sama-sama membangun dan menggerakkan literasi di daerah masing-masing. Mari kita berkolaborasi untuk kemajuan banua Kalimantan Selatan” tutup finalis Duta Bahasa Kalimantan Selatan tahun 2021 ini.

Informasi terkait pendaftaran Duta Bahasa Kalimantan Selatan tahun 2022 ini bisa dilihat melalui akun instagram @dutabahasa.kalsel dan @balaibahasakalsel.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved