Berita Banjarmasin

Program BIAN Diperpanjang, Dinkes Banjarmasin Sasar Sekolah Swasta

Program BIAN diperpanjang hingga September. Dinkes Banjarmasin kali ini menyasar sekolah swasta

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans
Ilustrasi-sosialisasi program BIAN di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meskipun sudah beberapa bulan berjalan, namun program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) belum maksimal.

Hampir sebagian besar daerah di Indonesia belum mampu memenuhi target yang ingin dicapai. Tak heran karenanya Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pun memutuskan untuk kembali memperpanjang program ini.

Khususnya di Banjarmasin sendiri, hingga Senin (8/8/2022) baru mencapai 37,96 persen, atau baru sekitar 56.566 dari jumlah target yakni 149.035.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, M Ramadhan pun membenarkan bahwa program BIAN ini diperpanjang hingga September.

"Iya, sudah ada SE nya dan kita akan mengikuti," ujarnya.

Baca juga: Belum Capai Target, Dinkes Banjarmasin Kejar BIAN hingga Akhir Juni 2022

Baca juga: Dua Pekan BIAN 2022 Digeber di Banjarmasin, Capaian Imunisasi Jauh di Bawah Target

Kepada awak media, Ramadhan juga menerangkan strategi baru akan dilakukan untuk mendongkrak capaian BIAN berikutnya.

Jika biasanya menjalankan BIAN dengan menyasar siswa di berbagai sekolah negeri, maka kali ini akan menyasar ke sekolah-sekolah swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengungkapkan, strategi kali ini adalah menyasar sekolah-sekolah swasta dan di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

"Kalau sebelumnya pelaksanaan kita lakukan di sekolah-sekolah negeri, puskesmas dan posyandu. Sekarang kita fokusnya ke sekolah-sekolah dibawah Kemenag dan swasta," ucapnya, saat dihubungi Selasa (9/8).

Adapun cara yang akan dilakukan, yakni menyasar anak atau siswa yang ada di sekolah-sekolah swasta di Kota Seribu Sungai (julukan Banjarmasin,red).

"Selama ini kita sudah menyasar SD negeri, berikutnya kita akan fokus ke sekolah-sekolah swasta, termasuk yang di bawah Kemenag," ujar Ramadhan, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Sukseskan BIAN 2022, Kadisdik Intruksikan Ini ke Semua Kepala SD di Banjarmasin

Dengan strategi baru yang akan dijalankan ini, Ramadhan pun berharap capaian BIAN bisa lebih maksimal lagi.

"Target kita bisa lebih maksimal lagi, karena dari data yang ada masih cukup minim," tutupnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved