Kabar Kampus Politala

Peserta PKKMB Politala Tahun Ini Capai 500 Orang Lebih, Ditempa Pemateri Berlevel Nasional 

Politala kian mendapat tempat di hati masyarakat luas. Tahun ini, tercatat sebanyak 535 orang mahasiswa mengikuti PKKMB

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
H SIHABUDDIN CHALID UNTUK BPOST GROUP
Pelepasan balon menandai dimulainya rangkaian PKKMB di Kampus Politala. Tahun ini, Peserta PKKMB di Politala mencapap 535 orang mahasiswa,. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) kian mendapat tempat di hati masyarakat luas, khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel). Hal ini terlihat dari makin bertambah banyaknya mahasiswa baru dari tahun ke tahun.

Bahkan, pada tahun ini (2022) tercatat sebanyak 535 orang yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru ( PKKMB) bertempat di kampus setempat.  Kegiatan ini digelar selama tiga hari dan berakhir pada Rabu (24/8/2022) malam.

PKKMB dimaksudkan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus dan mempersiapkan mereka dalam proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru sekaligus memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Politala.

Tujuan umum PKKMB guna memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Sedangkan tujuan khususnya untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).

PEMATERI - Ketua Dewan Penyantun Politala Dr H Sihabuddin Chalid MMPd memaparkan sejarah Politala kepada peserta PKKMB pada hari kedua, Selasa (23/8/2022).
PEMATERI - Ketua Dewan Penyantun Politala Dr H Sihabuddin Chalid MMPd memaparkan sejarah Politala kepada peserta PKKMB pada hari kedua, Selasa (23/8/2022). (H Sihabuddin Chalid untuk BPost)

Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi. Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar, mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat. 

Lalu, memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar: Kampus Merdeka; Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab. Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner).

PKKMB tahun 2022 dapat dijadikan momentum bagi mahasiswa baru mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi, baik bidang akademik maupun non-akademik dengan berbagai strategi/pendekatan yang telah disiapkan atau dilaksanakan oleh Politala pascapandemi. 

Terlebih, mahasiswa baru Politala tahun 2022 adalah siswa yang melewati pendidikan SMA/SMK/sederajat dengan bentuk pembelajaran daring.

PKKMB tahun ini juga diharapkan dapat menjadi penyadaran hal-hal yang dapat menghambat studi mahasiswa baru, termasuk dapat menghambat pencapaian tujuan nasional. Misalnya masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, plagiarisme, korupsi, kekerasan seksual dan lainnya.

KOMPAK - Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein MPd bersama Dandim 1009/TLa Letkol Inf Mochamad Arlufti Noergroho bersama pemateri lainnya kompak berpose pada kegiatan PKKMB di kampus setempat.
KOMPAK - Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein MPd bersama Dandim 1009/TLa Letkol Inf Mochamad Arlufti Noergroho bersama pemateri lainnya kompak berpose pada kegiatan PKKMB di kampus setempat. (H Sihabuddin Chalid untuk BPost)

Pada hari kedua peserta PKKMB mendapat materi sejarah Potala serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi di Politala. Materi ini yang disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Penyantun Dr H Sihabuddin Chalid MMPd.

Selain itu juga mendapatkan materi tentang kesadaran lingkungan dan kampus sehat yang dipaparkan Triyana Noormanita SKM. Juga, materi yang disampaikan Polres Tala bertema Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental dan diakhiri materi dari Badan Nasional Narkoba Kabupaten Tala tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Hasil yang diharapkan dari program tersebut, mahasiswa diharapkan dapat mengenali lingkungan perguruan tinggi tempatnya belajar, menumbuhkan semangat dan cinta Tanah Air.

Memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuh, serta dapat menumbuhkan persahabatan dan kekeluargaan antar civitas akademika dalam perguruan tinggi tersebut.

"Pelaksanaan PKKMB tahun ini sangat berbeda dibanding 13 tahun lalu. Selain dilaksanakan secara offline, pesertanya juga yang terbanyak yakni dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya," sebut Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved