Yayasan Adaro Bangun Negeri

Energi Terbarukan Jadikan Liyu Lebih Terang

Gamma Abdurrahman Thohir pasang penggunaan panel surya sebagai sumber listrik bagi warga Desa Lyu Kabupaten Balangan, Kalsel.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
YAYASAN ADARO BANGUN NEGERI
Gamma Abdurrahman Thohir menyerahkan panel surya kepada Kepala Desa Liyu yang akan dimanfaatkan untuk penerangan di Balai Adat Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Masyarakat Adat Desa Liyu antusias menyambut kedatangan Gamma Abdurrahman Thohir ke Balai Adat Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (21/9/2022).

Gamma Abdurrahman Thohir merupakan pencetus dari proyek energi terbarukan pada sejumlah desa terpencil dengan masyarakat adat di Indonesia.

Kini, menjadikan Liyu sebagai salah satu lokasi pengembangan proyek energi terbarukan.

Ia memulai proyek ini pada 2015, saat berumur 15 tahun yang didorong oleh kesadaran tentang kesenjangan elektrifikasi pedesaan dengan perkotaan.

Energi terbarukan untuk masyarakat adat Indonesia adalah proyek yang diinisiasi dengan tujuan untuk mendorong pemenuhan energi listrik dari sumber terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia.

Inisiator energi terbarukan, Gamma Abdurrahman Thohir, lihat pemindahan panel surya di Desa Liyu.
Inisiator project energi terbarukan, Gamma Abdurrahman Thohir, melihat proses pemindahan panel surya di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Khususnya lagi, untuk masyarakat adat yang tinggal di area-area terpencil.

Lokasi proyek ini diawali di desa terpencil di Kasepuhan Ciptagelar yang terletak di lereng Gunung Halimun, Jawa Barat.

Dalam rangka memperluas akses listrik dan meningkatkan kesejahteraan, Gamma menginisiasi pembangkit listrik tenaga mikrohidro dengan kapasitas 40 kW.

Proyek ini telah menjadi kelahiran era baru yang memungkinkan masyarakat adat di Kasepuhan Ciptagelar untuk terhubung dengan seluruh dunia.

Dan, telah mendorong pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat setempat khususnya untuk 78 rumah tangga dan 338 orang di Kasepuhan Ciptagelar.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved