Berita Tanahlaut

Gelombang Sudah Surut, Juru Kunci Sebut Lautan ke Pulau Datu Kabupaten Tanahlaut Aman Diseberangi

Cuaca di lautan kadang bisa berubah memburuk. Begitu pula di perairan di wilayah Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani
PULAU DATU - Inilah Pulau Datu yang terpisah oleh daratan Desa Tanjungdewa. Waktu tempuhnya sekitar 20 menit untuk menjangkaunya dengan kapal air atau kelotok, Minggu (25/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Cuaca di lautan kadang bisa berubah memburuk. Begitu pula di perairan di wilayah Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Sehari penuh Sabtu kemarin cuaca di perairan di kampung kami di sekitar Pulau Datu kurang baik, gelombangnya besar," sebut Musa, juru kunci makam Datu Pamulutan Pulau Datu, Minggu (25/9/2022).

Dikatakannya, hujan cukup deras mengguyur kampungnya sejak pagi hingga siang. Tiupan angin di sekitar Pulau Datu juga cukup kencang sehingga gelombang di perairan setempat pun membesar pula.

Karena itu, kata Musa, sama sekali tak ada kunjungan pada Sabtu kemarin di Pulau Datu. Padahal biasanya tiap Sabtu kunjungan peziarah lumayan banyak. Menjelang sore baru lah gelombang mulai mengecil.

"Alhamdulillah pagi ini cuaca membaik, cerah, lautan sudah teduh. Sudah aman diseberangi peziarah, insha Allah hari ini kunjungan ada seperti biasanya," tandas Musa.

Baca juga: Nelayan Tanjungdewa Kabupaten Tanahlaut Kalsel Hilang, Kelotok Ditemukan Terombang-ambing

Baca juga: Nelayan Tanjungdewa Kabupaten Tanahlaut Kalsel Hilang, Kelotok Ditemukan Terombang-ambing

Sekadar diketahui di puncak Pulau Datu tersebut ada makam tokoh ternama di Banua ini yakni Datu Pamulutan. Kunjungan momen akhir pekan, Sabtu dan Minggu, mencapai ratusan orang.

Pulau kecil tersebut berjarak sekitar 700 meter dari daratan Desa Tanjungdewa.

Tiap hari ada kelotok warga setempat yang menyediakan jasa penyeberangan, tarifnya sekitar Rp 150 ribu per kelotok pulang pergi dengan kapasitas sepuluh orang penumpang. (Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved