Religi

Pandemi Masih Terjadi, Ustadz Khalid Basalamah Beberkan Rahasia Hadapi Virus Corona

Meski telah melandai, kasus Covid-19 masih ditemukan di Indonesia. Ustadz Khalid Basalamah memberikan tips aman dari virus corona.

Editor: M.Risman Noor
Youtube Khalih Basalamah
Ustadz Khalid Basalamah beberkan rahasia menangkal virus Covid-19. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Meski telah melandai, kasus Covid-19 masih ditemukan di Indonesia. Ustadz Khalid Basalamah memberikan tips aman dari virus corona.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 telah merebak di berbagai negara termasuk Indonesia sejak kurang lebih tiga tahun lalu.

Hingga saat ini kasus pasien Covid-19 masih ada di sejumlah daerah di Indonesia. Meski tak sebanyak dulu saat awal pandemi, namun di Indonesia masih menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19, di antaranya mencuci tangan dan memakai masker.

Tak hanya menghadapi Covid-19, dalam menjalani kehidupan sehari-hari hendaknya juga harus menerapkan hidup bersih.

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan agar tetap menjaga wudhu, wudhu tak hanya menjadi salah syarat sah shalat namun juga bisa menjaga kebersihan.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Beberkan Kemuliaan Melakukan Ayyamul Bidh, Simak Jadwalnya di Oktober 2022

Baca juga: Hukum Laki-laki Pakai Emas Kadar Kecil, Begini Penjelasan Buya Yahya

Dengan cara berwudhu yang benar ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan, karena bisa membersihkan tubuh dari kuman.

Di dalam wudhu ada cuci tangan, bahkan sebanyak tiga kali. Pemerintah menganjurkan untuk sering cuci tangan di masa pandemi Covid-19.

"Cuci tangan juga masuk dalam salah satu protokol kesehatan. Kalau kita disiplin dalam berwudhu, selalu menjaga wudhu, sudah barang tentu tangan kita terjaga kebersihannya," jelas Ustadz Khalid Basalamah dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Islam Terkini.

Selain cuci tangan, di dalam wudhu ada kumur-kumur dan juga ada sunnah ber-intinsyaq. Intinsyaq berarti menghirup air ke dalam rongga hidung. Tujuannya untuk membersihkan hidung dan kotoran di sela-sela hidung.

Berkumur di dalam wudhu juga dapat membersihkan mulut dan kotoran di sela-sela gigi.

Ia mengatakan betapa bersihnya apabila kita berwudhu setiap kali hendak melaksanakan shalat fardhu.

“Kalau kita hitung solat 5 waktu saja, berarti 5 kali cuci tangan sehari, 5 kali kumur-kumur, 5 kali cuci tangan, 5 kaki cuci kaki,“ ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Terlebih Rasulullah menekankan bersiwak setelah berwudhu. Jika tidak bisa bersiwak, bisa juga dengan menyikat gigi. Dengan berwudhu anggota tubuh benar-benar terjaga kebersihannya.

Namun Khalid tetap menekankan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Protokol ini penting karena merupakan ikhtiar atau usaha untuk menghindari terkenanya Covid-19.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved