Kriminalitas Nasional

Pelaku Pencurian Uang di Enam ATM di Sukabumi Diciduk, Total Gasak Rp1,9 Miliar

pelaku pencurian uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diciduk Satreskrim Polres Sukabumi

Editor: Irfani Rahman
tribunnews.com
Ilustrasi ditangkap. Dua pelaku pencurian uang di ATM ditangkap jajaran Polresta Sukabumi. Total uang digasak pelaku senilai Rp1,9 M 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jajaran Satreskrim Polres Sukabumi menangkap dua pelaku pencurian uang di Anjungan Tunai Mandiri ( ATM) di wiilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kedua pelaku pencurian uang di ATM yang ditangkap petugas yakni As dan R sedang satu orang beriniial IH masih dalam pengejaran petugas.

Pelaku sukses melakukan pencurian uang di ATM ini karena ternyata adalah pegawai pengelola ATM.

Dari aksinya mencuri di ATM teersebut pelaku total berhasil mencuri Rp1,9 miliar.

Baca juga: Dibawah Todongan Pistol Gadis di Lampung Ini Dicabuli, Saat Tangkap Pelaku Petugas Juga Temukan Sabu

Baca juga: Hilang 2 Minggu di Hutan, Warga Ciamis Ini Ditemukan Terkulai Dengan Badan Penuh Lalat dan Semut

Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan, dua pelaku pencuri ATM itu berinisial AS dan R, masih terdapat satu orang DPO berinisial IH.

Para pelaku itu beraksi di enam lokasi ATM yang ada di minimarket di wilayah Kecamatan Cicurug.

Kedua pelaku melakukan aksi kejahatannya itu sudah sekitar satu tahun, mereka ditangkap di lokasi berbeda pada 15 September 2022 lalu. Selama menjalankan aksinya, mereka sudah menggondol uang senilai Rp 1.943.700.000 atau Rp 1,9 Miliyar lebih.

"Kasus pencurian ATM yang mana tindak pidana pencurin uang di mesin ATM dengan kerugian 1,9 M yang dilakukan tiga tersangka, dua sudah tertangkap, satu masih DPO," ujarnya di Mapolres Sukabumi, Senin (26/9/2022).

Dedy menjelaskan, para pelaku merupakan pegawai pengelola ATM. Mereka beraksi saat melakukan perbaikan ATM, sehingga dengan mudah menggondol uang di mesin ATM karena para pelaku mempunyai kunci ATM.

"Jadi modusnya adalah kedua tersangka tersebut bekerja di PT Usaha Gedung Mandiri yang mengelola ATM tersebut dan mempunyai kunci, sehingga bisa mengambil, dengan pola kalau ada trouble di ATM tersebut tersangka inisial AS akan datangi ATM dan memperbaiki sekaligus mengambil uang secara sedikit demi sedikit," terangnya.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Hari Ini di Alfamart dan Indomaret, Tinggal Pilih Sesuai Budget

Baca juga: Penampakan Hiu Tersenyum Bikin Geger, Ditemukan di Pantai Australia dan Mata Terlihat Melotot

Para pelaku mengaku melakukan aksi kejahatan itu karena terlilit hutang. Akibat perbuatannya, pelaku pembobol ATM disangkakan Pasal 363 ayat 1 ke 3E dan 4E KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan.

"Ancaman 7 tahun penjara," jelas Dedy.Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS Maling ATM di Sukabumi yang Curi Rp 1,9 M Ditangkap, Ternyata Pegawai Pengelola ATM,

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik : Banjarmasin Post

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved