Berita Tanahlaut

54 Jemaah Umrah Tanahlaut Turut Telantar di Jakarta, Sekda Dahnial Kifli Datang dan Berikan Ini

54 orang yang berasal dari Kabupaten Tanahlaut (Tala) turut dalam rombongan jemaah umrah yang terlantar di Jakarta

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Denny W untuk BPost
BANTUAN - Sekda Tala H Dahnial Kifli menyerahkan bantuan untuk konsumsi kepada perwakilan jemaah umrah asal Tala di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (4/9/2022) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 179 jemaah umrah asal Kalimantan Selatan (Kalsel) telantar di Jakarta lantaran tak kunjung ada kejelasan dari pihak travel kapan mereka akan diberangkatkan ke Tanah suci Mekkah.

Dari jumlah tersebut, tercatat 54 orang yang berasal dari Kabupaten Tanahlaut (Tala). Terbanyak dari Banjarmasin 56 orang, Amuntai 37 orang, Samboja 29 orang, dan ada tambahan empat orang lainnya.

Hal itu turut menjadi atensi khusus Pemerintah Kabupaten Tala. Ketika sedang dinas luar di Jakarta, Selasa (4/9), Sekretaris Daerah Tanahlaut H Dahnial Kifli langsung menengok mereka di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Kunjungan itu dilakukan Dahnial seusai menjalankan tugas kedinasannya di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Baca juga: Hindari Gagal Berangkat Umrah, Kakanwil Kemenag Kalsel Imbau Imbau Masyarakat Lakukan Hal ini

Baca juga: Rombongan Umrah Kalsel Masih Terlantar di Jakarta, Calon Jemaah Minta Perhatian Gubernur Kalsel

Baca juga: Belum Terima Kejelasan Berangkat, 175 Orang Calon Jemaah Umrah Asal Kalsel Telantar di Jakarta

Ia didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Tala Ismail Fahmi, Kepala UPT Kebersihan Denny Wahyudi, dan beberapa staf.

Tak cuma berinteraksi dengan jemaah umrah asal Tala, Dahnial secara spontan juga merogoh uang pribadinya untuk membantu konsumsi para jemaah tersebut.

"Saya bantu ala kadarnya khusus jamaah Tala 54 orang, tanggap darurat saja, bukti Pemkab Tala peduli. Cukup lah untuk empat kali makan sambil menunggu koordinasi dengan pihak travel," jelas Dahnial.

Baca juga: Pemerintah Arab Saudi Tak Wajibkan PCR bagi Jemaah Umrah, Wajib Punya Asuransi Kesehatan

Ia menuturkan kondisi jemaah umrah sehat. Mereka hanya menunggu kepastian berangkat. Jemaah menegaskan persyaratan telh lengkap. Namun dari pihak travel yang masih kurang pelayanan dan informasi kepada jemaah.

"Jemaah mengatakan biaya tiket sudah lunas, tiket belum dapat otomatis pengurusan visa terhambat. Informasi kepastian dapat tiket tidak jelas," ucap Dahnial mengutip penuturan jemaah umrah.

(Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved