Berita HST

Pemkab HST Subsidi BBM Ratusan Sopir Angkutan Umum, Per Orang Dapat 40 hingga 60 Liter  

Pemkab HST memberikan subsidi BBM kepada ratusan sopir angkutan umum. Setiap orang dapat 40-60 liter

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
Penyaluran bantuan subsidi BBM jenis pertelite oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhunungan HST, Rabu (16/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Ratusan sopir angkutan umum trayek antar kota dalam provinsi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)  Kalimantan Selatan diundang ke Gedung Murakata Barabai untuk menerima bantuan berupa subsidi bahan bakar minyak jenis pertalite, Rabu (16/11/2022).

Bantuan BBM tersebut disalurkan dengan cara membagikan voucher kepada para sopir oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (LHP) HST. 

Berdasarkan data Dinas LHP HST ada 107 unit angkutan yang menima bantuan dengan jumlah bervariasi, mulai 40 liter sampai 60 liter, tergantung jarak tempuh rute trayek angkungan.

Jumlah tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan yang angkutannya lulus KIR atau uji kelayakan yang dilakukan Dinas LHP. Sedangkan jumlah angkutan yang terdaftar, untuk semua trayek AKDP tadi ada 217 unit. 

Baca juga: Bantu Nelayan Kalsel, Gubernur H Sahbirin Noor Luncurkan Program Subsidi BBM Rp 1000 per liter

Baca juga: Kawal Penyaluran BLT Subsidi BBM, Kajari Tabalong Minta Instansi Terkait Turut Lakukan Pengawasan

Persyaratan lainnya penerima bantuan adalah sopir angkutan ini harus berdomisili di wikayah HST. Untuk bantuan subsidi tersebut, Pemkab HST mengalokasikan anggaran Rp 400 juta lebih, dengan bantuan per sopir angkutan selama Oktober, November dan Desember.

Menurut Kabid Perhubugan Al Bagaq, untuk penggunaan voucher, pihaknya bekerjasama dengan delapan SPBU baik di kota Barabai maupun di kota Kecamatan yang menjadi lintasan angkutan  

"Bantuan ini wujud nyata Pemkab HST terhadap eksistensi angkutan umum penumpang melalui subsidi BBM sebagai perlindungan sosial pasca penaikan harga BBM oleh pemerintah pusat,"katanya.

Kegiatan serah terima batuan subsidi BBM sendiri dihadiri 350 orang terdiri sopir angkutan penumpang dan kru-nya.

Baca juga: Subsidi BBM bagi Ojek hingga Nelayan, DPRD Kalsel Minta Pemprov Segera Buat Pergub

Albagaq menyatakan, bagi pemilik angkutan yang belum memenuhi syarat, masih bisa mendapatkan subsidi tersebut, jika memenuhi syarat yaitu lulus uji kelayakan kendaraan bermotor. 

Selain menerima voucher untuk membeli BBM di SPBU, sebelumnya para sopir mendapat pengarahan dari Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas Ipda Hasitongan dan Supriadi dari Balai Pengelola Trasportasi Darat Kemenhub di wilayah Kalsel terkait pentingnya uji kelayakan angkutan demi keselmatan penumpang, sopir dan pengguna jalan lain saat berkendara. (Banjarmasinpost.co.id/Hanani) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved