Berita HST

Tak Punya Cabang SPSI atau SBI, UMK HST 2023 Ikut UMP Kalsel

Pemkab HST tidak bisamenetapkan sendiri UMK HST 2023 karena  belum memiliki perangkat sebagai syarat untuk menetapkan sendiri

Penulis: Hanani | Editor: Hari Widodo
hai.grid.id
Ilustrasi - UMK HST 2023 mengikuti UMP Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Upah Minimum Provinsi (UMP) Kalimantan Selatan 2023  telah ditetapkan yaitu sebesar Rp 3.149.977.

Terkait dengan UMP Kalsel 2023 yang telah ditetapkan, Pemkab HST tidak bisamenetapkan sendiri UMK HST 2023 karena  belum memiliki perangkat sebagai syarat untuk menetapkan sendiri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan PelayananPerizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) HST Akhmad Syahriani Effendi mengatakan, Kabupaten HST tidak bisa menetapkan UMK HST 2023 karena perangkatnya tidak ada.

Ia menyebut, untuk bisa menentukan besaran UMK HST perangkat yang harus dimiliki  adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) ataupun Serikat Buruh Indonesia (SBI) cabang  serta Dewan Dewan Pengupahan Kabupaten sebagai Tripartit.

"Selama ini di HST belum ada. Sudah diusukan tapi masih verifikasi di Kementerian Tenaga Kerja,”kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan PelayananPerizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) HST Akhmad Syahriani Effendi, dikonfirmasin banjarmasinpost.co.id, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Rapat Penentuan UMK Tabalong 2023 Telah Dilakukan, Kadisnaker Sebut Lebih Tinggi dari UMP Kalsel

Baca juga: UMP Kalsel 2023 Ditetapkan Rp 3,1 Juta, Pekerja Bisa Laporkan Perusahaan yang Tak Naikkan Gaji

DIjelaskan, selama ini, para karyawan perusahaan di HST ikut SPSI maupun SBI Provinsi Kalsel, karena tidak adanya cabang di kabupaten.

Sesuai ketentuan, jelas Syahriani, jika kabupaten menerapkan sendiri UMK tak boleh lebih rendah dari UMP.

“Dari tahun-tahun sebelumnya UMK HST mengikuti UMP Kalsel,”katanya.

Disebutkan pula, di HST tak banyak perusahaan yang operasional.

“Data perusanaannya saya tidak hapal. Yang terbesar dan menyerap banyak tenaga kerja salah satunya PT Darma Kalimantan Jaya, perusahaan karet yang mengekspor crumb rubber  ke berbagai negara. Selebihnya, perusahaan-perusahaan cabang saja."katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved