Berita Tabalong

Rapat Penentuan UMK Tabalong 2023 Telah Dilakukan, Kadisnaker Sebut Lebih Tinggi dari UMP Kalsel

Dewan Pengupahan Kabupaten Tabalong telah menggelar rapat penentuan UMK Tabalong 2023

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Kepala Disnaker Tabalong, Zulfan Noor mengatakan, rapat penentuan besaran UMK Tabalong 2023 sudah dilakukan, Kamis (1/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Menyusul telah ditetapkannya UMP Kalsel 2023 sebesar Rp.3.149.977,65, Dewan Pengupahan Kabupaten Tabalong telah menggelar rapat penentuan UMK Tabalong 2023.

Rapat penentuan besaran  Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tabalong untuk tahun 2023 ini telah dilangsungkan, Rabu (30/11/2022) di aula BLK Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong.

Kepala Disnaker Tabalong, Zulfan Noor, yang dikonfirmasi, Kamis (1/12/2022), membenarkan dewan pengupahan telah melaksanakan rapat terkait penetapan UMK Tabalong 2023.

"Rapat dewan pengupahan untuk UMK Tabalong  2023 telah kita laksanakan kemarin jam 10 sampai jam 12, Alhamdulillah berjalan lancar," katanya.

Baca juga: Kadisnakertrans Sebut UMK Tanahlaut Ikut UMP Kalsel 2023, Pertumbuhan Ekonomi Sempat Minus

Baca juga: Tuntaskan Bahas UMK Tanahbumbu 2023, Hasilnya Dilaporkan ke Bupati

Dalam rapat di antaranya ada dihadiri perwakilan Apindo, serikat buruh dan juga dari pemerintah daerah.

Disebutkannya, dalam rapat yang dilakukan untuk menentukan besaran UMK Tabalong ini dalam prosesnya ada perhitungan-perhitungan yang menggunakan formula dan bisa dilihat semua peserta rapat.

"Yang jelas ada aturan main yang kita ikuti dalam menetapkan UMK. Alhamdulillah naiknya cukup banyak, tapi angkanya nanti," ucap Zulfan.

Meski tak menyebutkan angka pastinya, Zulfan memastikan UMK Tabalong  2023 akan naik dan lebih tinggi dari UMP Kalsel 2023

Diketahui, untuk UMK Tabalong 2022 besarannya Rp 3.001.230.

Kenaikan dar UMK Tabalong ini, lanjutnya, atas pertimbangan kebutuhan hidup pekerja, kemampuan fiskal dari pihak swasta untuk bisa membayar.

Ditambahkan Zulfan, setelah ada angka besaran yang didapat untuk UMK Tabalong dari hasil rapat dewan pengupahan, maka proses selanjutnya meminta persetujuan dari Bupati Tabalong.

Baca juga: UMP Kalsel 2023 Ditetapkan Rp 3,1 Juta, Pekerja Bisa Laporkan Perusahaan yang Tak Naikkan Gaji

Setelah itu baru akan diserahkan ke Gubernur Kalsel untuk dtetapkan yang rencananya akan dilakukan pada 7 Desember 2022.

"Harapannya kepada pengusaha dapat membayar sesuai UMK dan mereka juga dapat menghasilkan produksi yang cukup bagus," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)
 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved