Makam Ternama dan Bersejarah di Tabalong

Makam Syekh Muhammad Nafis di Desa Binturu Tabalong, Pengunjungnya Ada dari Luar Negeri

Wisata religi di Tabalong yakni Makam Syekh Muhammad Nafis yang terletak di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Makam Syekh Muhammad Nafis di Desa Binturu Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Minggu (4/12/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG- Beberapa makam ternama yang memiliki nilai sejarah ada terdapat di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Satu makam yang cukup dikenal dan juga jadi wisata religi adalah Makam Syekh Muhammad Nafis yang terletak di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

Untuk mendatangi lokasi ini memerlukan waktu sekitar 30 menit atau dengan jarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tanjung yang merupakan ibukota Kabupaten Tabalong.

Dalam lokasi wisata religi inilah terdapat makam ulama besar Syekh Muhammad Nafis Al Banjari yang hingga kini terus didatangi penziarah. 

Baca juga: Bikin Gaduh di Makam Syekh Muhammad Nafis, Pria di Tabalong Dijerat Pasal Pengancaman

Baca juga: Bupati Tabalong Serahkan Buku Perpustakaan untuk Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Muhammad Nafis

Pengunjung yang datang  bukan hanya dari  Tabalong saja, tetapi juga ada dari wilayah lain di Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa dan lainnya.

Selain itu juga ada dari luar negeri yang pernah datang ke makam ini seperti dari Malaysia, Singapura serta dari Timur Tengah.

Di area Makam Syekh Muhammad Nafis, juga rutin digelar haulan setiap bulan Rabiul Akhir selalu bertambah dalam setiap tahunnya.

Untuk acara haulan ini biasanya tersedia warung gratis dan juga ojek gratis untuk jemaah yang datang ke haulan.

Terbaru haul Syekh Muhammad Nafis ini dilaksanakan pada Jumat 11 November 2022 dan berbeda dengan sebelumnya, dimana tahun ini tadi dilaksanakan saat malam hari.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Masdulhak Abdi, Minggu (4/12/2022), mengatakan, makam Syekh Muhammad Nafis Al Banjari ini masuk dalam situs cagar budaya.

“Luas area situs ini adalah 27 x 15 meter persegi. Kandungan obyek situsadalah Makam Syekh Muhammad Nafis bin Ideris Al Banjari,"katanya.

Syekh Muhammad Nafis merupakan seorang tokoh sufi ulama Banjar yang tegas dalam melawan segala bentuk penindasan. 

Baca juga: VIDEO Wisata Religi Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Nafis di Kabupaten Tabalong

Di samping dikenal sebagai ulama ahli di bidang fikih, juga ahli dalam bidang tasawuf. 
Buah karyanya yang masyhur berisi tentang ajaran-ajaran tasawuf berjudul Ad-Durrun Nafis. 

Syekh Muhammad Nafis diperkirakan wafat sekitar tahun 1812 M dan dimakamkan di Desa Binturu, kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong. (Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved