Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Rabu 7 Desember 2022, BMKG : Cuaca Ekstrem Kalsel, Sulsel, dan Bali  

Berikut Prakiraan Cuaca Rabu 7 Desember 2022, BMKG sebut cuaca Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali hujan diserrtai petir

Editor: Irfani Rahman
AFP PHOTO
Ilustrasi hujan disertai petir. Untuk Rabu 7 Desember 2022 sebagian wilayah di Indonesia masih berpotensi diguyur hujan disertai petir dan angin kencang 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berikut Prakiraan Cuaca di di wilayah Indonesia Rabu 7 Desember 2022. BMKG sebut sebagian masih berpotensi mengalami Cuaca ekstrem.

Menurut BMKG untuk cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berpotensi diguyur hujan disertai petir dan angin kencang.

Sama seperti Kalimantan Selatan, untuk cuaca Sulawesi  Selatan (Sulsel) pun akan diguyur hujan dengan angin kencang disertai petir.

Tak jauh berbeda Bali dan Maluku Utara pun akan mengalami Cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca besok, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Siap-siap Pendaftaran CPNS 2023 Akan Dibuka, Ini Kata Kementerian PAN-RB

Baca juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2022 Dibuka, Berikut Syarat dan Ketentuan Untuk Daftar Lowongan Kerja Ini  

Dilansir laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 96B/Daerah Tekanan Rendah (LPA) terpantau di Laut Andaman yang menginduksi terbentuknya peningkatan kecepatan angin permukaan (Low Level Jet) di Laut China Selatan, Vietnam, Teluk Thailand, perairan barat Aceh dan Laut Andaman serta membentuk daerah pertemuan disertai perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang Laut Andaman.

Bibit siklon tropis 92 W/Tekanan Rendah (LPA) terpantau di Samudera Pasifik Utara Papua membentuk daerah pertemuan disertai perlambatan angin dari Laut Maluku, Maluku Utara, Papua Barat hingga perairan Utara Papua.

Sirkulasi siklonik terpantau di Perairan Barat Sumatera Barat, dan di Perairan Utara Kalimantan Barat, di Samudera Hindia Barat Daya Banten membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Hindia Barat dari Sumatera Barat, Sumatera Barat, Jambi hingga Sumatera Selatan, di Lampung hingga Banten Bagian Utara, di Laut Jawa Bagian Barat, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah Bagian Utara.

Konvergensi lain terpantau memanjang di Sumatera Utara hingga Riau, di Laut Sulawesi hingga Kalimantan utara, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Gorontalo hingga Sulawesi Utara, di Papua Bagian Utara, di Riau, Kep. Riau hingga Selat Karimata.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/daerah tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Penampakan Mumi Lidah Emas, Ahli Perkirakan Berusia 2.500 Tahun, Fungsinya Masih Misterius

Baca juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja Untuk Posisi General Banking Staff, Ini Cara Daftarnya

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Rabu, 7 Desember 2022:

Rabu, 7 Desember 2022

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Bali

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved